Upaya Mengatasi Syndrom Fomo pada Siswa SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan Melalui Pembelajaran PPKn Dengan Pendekatan Pembelajaran Kreatif dan Interaktif

Marly Meani Silalahi(1), Gadis Prasiska Sembiring(2), Nazlah Aulia(3), Putri Widia Ningsih(4), Abdinur Batubara(5),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Di era digital, media sosial sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mahasiswa, digunakan untuk berbagi informasi, terhubung dengan teman, dan mengikuti perkembangan berita. Penggunaan media sosial secara intensif dapat mengubah perilaku siswa dan meningkatkan kecenderungan FoMo (Fear of Missing Out). Siswa dengan FoMo cenderung memantau aktivitas teman dan kenalannya di media sosial sehingga menimbulkan kecemasan jika tidak dapat mengikuti apa yang terjadi di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif untuk menggambarkan situasi FoMo pada siswa SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan. Pendidikan mengenai penggunaan media sosial yang sehat dan seimbang penting bagi sekolah dan orang tua untuk membantu siswa memahami bahwa apa yang mereka lihat online tidak selalu mencerminkan kenyataan. Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa dan mengurangi dampak FoMo terhadap pembelajarannya. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.


Keywords


Media Sosial, FoMo (Fear of Missing Out), Kualitas Pendidikan

References


Hafsah, S. (2019). Pengaruh media sosial terhadap motivasi belajar siswa.

Kesi, S., Hartati, R., & Syaf, A. (2019). Kepuasan Hidup dengan Iri pada Remaja Pengguna Sosial Media. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 3(1), 9-15.

Kurniawan, R., Netrawati, N., & Ardi, Z. (2023). Mereduksi Fomo Pada Era Society 5.0 Menggunakan Pendekatan Konseling Kognitif Behavioral. Consilium: Education and Counseling Journal, 3(2), 35-51.

leMaslahah, N. (2022). Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Dengan Media Interaktif: Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 7(1), 29-37.

Model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif. (2021). (N.P.): Penerbit Adab

Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. (2020). (N.P.): Deepublish.

Nadzirah, S., Fitriani, W., & Yeni, P. (2022). Dampak Sindrom FoMo terhadap Interaksi Sosial pada Remaja. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 54-69.

Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.

Riyani, M., Asnawi, A., Aprilia, R., & Rahman, A. (2023). Rumpangnya Penguatan Pendidikan Karakter Di Tengah Gap Generasi. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 199-210.

Susanti, M., Dianto, M., & Triyono, T. (2023). Gambaran Fear of Missing Out (FoMO) pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 13341-13346.

Teori Belajar Dan Pembelajaran. (2020). (n.p.): NLC.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 72 times
PDF Download : 68 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Marly Meani Silalahi, Gadis Prasiska Sembiring, Nazlah Aulia, Putri Widia Ningsih, Abdinur Batubara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.