Pemanfaatan Aplikasi Digital dalam Meningkatkan Kompetensi Abad 21 pada Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 13 Medan

Rahmita Firda Zain(1), Liesna Andriany(2),


(1) Universitas Islam Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Sumatera Utara
Corresponding Author

Abstract


Pendidikan abad 21 mengintegrasikan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pendidikan. Penggunaan aplikasi digital dalam pembelajaran menjadi kebutuhan dalam era digital ini. Guru di SMA Negeri 13 Medan telah memanfaatakan aplikasi digital dalm proses pembelajaran PPKn pada Kelas X. Aplikasi digital yang digunakan adalah Canva dan kuis Educaplay. Guru menggunakan aplikasi Canva untuk tugas proyek berkelompok yang terstuktur dan menghasilkan produk berupa mind mapping. Aplikasi Educaplay digunakan sebagai instrumen penilaian berupa kuis interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi digital dalam meningkatkan ketarampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreatif yang diperlukan di abad 21 pada peserta didik Kelas 10 SMA Negeri 13 Medan dalam pembelajaran PPKn. Hasil temuan dari observasi dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran PPKn, peserta didik lebih semangat ketika belajar menggunakan aplikasi digital dan peserta didik aktif dalam berkolaborasi dan berkomunikasi dalam kelompok. Proyek yang dihasilkan dibuat sesuai kreativitas masing-masing, sehingga dapat meningkatkan keterampilan kreatif peserta didik dan kepercayaan diri untuk mengunggah hasil produk di media sosial. Selain itu, peserta didik antusias dalam pelaksanaan kuis berupa game dari Educaplay serta dapat melatih berpikir kritis dalam menjawab soal yang diberikan. Pemanfaatan teknologi memudahkan guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran dan membuat suasana belajar menjadi lebih interaktif.


Keywords


Pendidikan Abad 21, Aplikasi Digital, Canva, Educaplay

References


Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43. Https://Doi.Org/10.24042/Atjpi.V8i1.2095

Dewi, K. R., & Korompis, F. L. S. (2023). Pemanfaatan Media Digital Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas X Smk Negeri 1 Busungbiu. Journal Of Learning And Technology, 2(1), 26-32.

Fajri, I., Yusuf, R., & Yusoff, M. Z. M. (2021). Model Pembelajaran Project Citizen Sebagai Inovasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(3), 105-118.

Handayani, F. A., & Haryati, T. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran QR-Code Sebagai Upaya Implementasi Pendidikan Sesuai Kodrat Zaman KHD Di SMP Negeri 6 Semarang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 809-815.

Julisa, T. C., Legiani, W. H., & Juwandi, R. (2023). Pengembangan Kompetensi Abad 21 Melalui Bahan Ajar Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 234-246.

Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik SMP. Semantik, 11(1), 61-70.

Kristiwati, I. I. (2020). Dampak Handphone Android Terhadap Minat Belajar Siswa. Edu Sociata Jurnal Pendidikan Sosiologi Volume, III(I), 43–52.

Lathifah, L., Lestari, H., Fitriani, Y., & Lestari, R. F. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Media Berbasis Teknologi Educaplay Pada Siswa Kelas XI IPS SMA IT Izzuddin Palembang. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3).

Mazarina, M., & Umami, N. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Berbasis Game Kahoot Terhadap Respon Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Boyolangu. Jurnal Economina, 2(8), 2011-2018.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Sison, K. J. S. (2021). Educaplay As Teaching Media In Virtual Classes

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarya, I., Nurwahidin, M., & Sudjarwo, S. (2022). Pandangan Ki Hajar Dewantara Dalam Mengkonstruksi Pendidikan Indonesia Pada Abad 21. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(4), 1485-1496.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79-85. Https://Doi.Org/10.24036/Voteteknika.V7i2.104261

Utami, R. D., & Wibawa, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Flashcard Materi Teks Deskriptif Sederhana Di Kelas 2 SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5808-5818.

Wibowo, T., Johansyah, R., & Astrina, V. (2022). Efektifitas Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Masa Kini. J-Simbol, 10(2), 103-107

Yanuarti, E. (2017). Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11(2), 237-265.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 67 times
PDF Download : 42 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahmita Firda Zain, Liesna Andriany

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.