Tarbiyah Al-Qalb: Pengembangan Kontrol Diri Dalam Psikologi Islam

Fauriyatul Irfani(1), Ahmaddin Ahmad Tohar(2), Zuriatul Khairi(3),


(1) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(2) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(3) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Corresponding Author

Abstract


Artikel ini membahas bagaimana konsep Tarbiyah al-Qalb, atau pembinaan hati dalam Islam, dapat membantu dalam pengembangan kontrol diri. Tarbiyah al-Qalb adalah tentang memperbaiki hati kita agar lebih kuat dan terarah sesuai dengan ajaran agama. Kontrol diri sangat penting karena membantu kita mengelola emosi, keinginan, dan tindakan kita dengan bijaksana. Dalam konteks pendidikan Islam, konsep ini menjadi dasar untuk membentuk karakter yang baik dan moral yang kuat. Melalui pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam dan prinsip-prinsip psikologi pendidikan, artikel ini menunjukkan bagaimana integrasi antara Tarbiyah al-Qalb dan pengembangan kontrol diri dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah. Guru dan orang tua memegang peran penting dalam memberikan contoh dan bimbingan yang tepat untuk memperkuat pembinaan hati dan pengembangan kontrol diri pada anak-anak. Dengan demikian, tujuan dari artikel ini adalah untuk mendorong pembentukan individu yang lebih baik, memiliki karakter yang kokoh, dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai agama, sehingga memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan umat Islam secara keseluruhan.


Keywords


Al-Qalb, Kontrol Diri, Psikologi Islam

References


Abdullah, F. (2014). Virtues and character development in Islamic ethics and positive psychology. International Journal of Education and Social Sciences (IJESS), 1(2), 69-77.

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad. (2005) Jalan Allah. Terjemah oleh Fathur Rahman. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad. (2009). Membawa Hati Menuju Ilahi.

Terjemah oleh Ija Suntana. Bandung: Pustaka Hidayah.

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad. (2016). Ihya Ulumuddin 2. Terjemah oleh Purwanto. Bandung: Marja.

Al-Ghazali, I. (2008). Ringkasan ihya'ulumuddin. Jakarta Timur: Akbar Media. Al-Jauziyah, I. Q. (2006). Tobat: Kembali kepada Allah. Gema Insani.

Al-Shareef, Muhammad Musa. (2014). Buku Saku Ibadah Hati. Terjemah oleh Yodi Idrayadi. Jakarta: Zaman.

An-Nawawi, Abi Zakaria Yahya, Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Bin Daqiqul ‟id, Muhammad bin Salih Utsmain, Abdurrahman bin Nasr AsSa‟idi, Abdullah bin Abdurrahman Al-Jabrain, and Muhammad bin Ibrahim. (2011). Jami’ Syuruh Arba’in Nawawi. Qahira: Dar Al-Ghad AlGadeed.

Aziz, Rahmat dan Yuliati Hotifah, (2005). Hubungan Dzikir Dengan Kontrol Diri Santri Manula Di Pesantren Roudlotul ‟Ulum Kediri, Jurnal Psikologi Islami, Vol 1, Nomor 2, Desember.

Brier, N. M. (2014). Enhancing self-control in adolescents: Treatment Strategies.

Diunduh dari Psychological Science. New York: Routledge.

Bukhori, Baidi, (2003). Pengaruh Dzikir Beberapa Asmaa-Ul Husna Terhadap Penurunan Agresivitas Siswa Madrasah Aliyah, (Tidak dipublikasikan. Thesis, Universitas Gadjah Mada Jogjakarta).

Danandjaja, J. (2014). Metode penelitian kepustakaan. Antropologi Indonesia. Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan

Informasi, 5(01), 36-39.

Khotimah, S. K., & Hilmi, R. (2023). Pendidikan Akhlak Dengan

Manajemen Qalb: indonesia. Didaktika Islamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Kendal, 14(1), 38-60.

Najar, An, Amir. (2001). Ilmu Jiwa dalam Tasawuf, Jakarta: Pustaka Azzam. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Zarkasyi, H.F., & Cholik A. (2016). Relasi Qalb dan ‘Aql Menurut Imam AlGhazali.

Jurnal Pemikiran dan Peradaban Islam Islamia, 11


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 48 times
PDF Download : 47 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fauriyatul Irfani, Ahmaddin Ahmad Tohar, Zuriatul Khairi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.