Peningkatan Sikap Pluralitas Melalui Penerapan Problem Based Learning (PBL) bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Medan

Nur Suhailiza(1), Evi Susilawati(2), Juwita Fauziah Nur(3),


(1) Universitas Islam Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Sumatera Utara
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap pluralitas melaui penerapan Problem Based Learning (PBL) bagi kelas X SMA Negeri 11 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diarahkan untuk memecahan masalah atau perbaikan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X8 dengan jumlah 36 orang. Alasan pemilihan subjek dilandasi kenyataan bahwa sikap pluralitas siswa kelas X8 dalam Pembelajaran PKN dalam materi “Menghargai Keberagaman” masih dikatakan rendah atau belum optimal. Adapun indicator kinerja dari penelitian ini, yaitu pembelajaran dianggap berhasil jika sikap pluraritas siswa mencapai > 80% dari jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan signifikan selama dua tahap siklus indikator kinerja, penelitian dinyatakan berhasil karena kategori sangat baik mencapai lebih dari 80%, yaitu 89%. Pembelajaran dengan PBL efektif dalam meningkatkan sikap pluralitas siswa.


Keywords


Menghargai Keberagaman, Sikap Pluralitas, Problem Based Learning

References


Amalia, F. R. dan Najicha, F. U. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengatasi Lunturnya Nilai Nasionalisme dan Cinta NKRI di Era Globalisasi. Journal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas PGRI Yogyakarta.

Ardianti, R., Siliwangi, U., Siliwangi, J., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics , 3(1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction

Hartatik, S. (2017). Peningkatan Sikap Pluralitas Dan Hasil Belajar Pkn Melalui Penerapan Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Kelas XII IPA-5 Semester Gasai Sma Negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Dwija Utama.

Purwanto, A., Soedarmo, R., & Suryana, A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pebelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Di Kelas X SMA Negeri 3 Banjar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 39–46.

Widiasworo, E. (2018). Strategi pembelajaran edu tainment berbasis karakter (1st ed.). Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.

Widiyanto, J. N. F., Salsabila, I. M., Saragih, J. D., & Pandin, M. G. R. (2022). Faktor yang Memengaruhi Tingkat Pluralisme Kaum Muda di Era Digital. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 6(2), 55. https://doi.org/10.30595/jssh.v6i2.12763

Winarno, M. E., Muarifin, & Budiwanto, S. 2012. Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Ilmiah Penjaskes SD. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Universitas Negeri Malang Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 15.

Yasila, K. M. M., & Najicha, F. U. (2022). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Di Tengah Pluralitas Masyarakat Indonesia. Jurnal Global Citizen, 1.

Mahmud, & Priatna, T. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Praktik. Bandung: Tsabita.

Ali Maschan Moesa, 2007, Nasionalisme Kiai Konstruksi Sosial Berbasis Agama, Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Alo Liliweri. Komunikasi Antar Personal. (Jakarta: Kencana 2018)

Momon Sudarma.Sosiologi Untuk Kesehatan / Momon Sudarma .2008


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 51 times
PDF Download : 12 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Suhailiza, Evi Susilawati, Juwita Fauziah Nur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.