Telaah Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas

Tri Indah Prasasti(1), Sheshilia P Damanik(2), Yanti M Ambarita(3), Agus T. A. Marpaung(4), Monica M. Hutabarat(5), Riskida Tambunan(6), Indah Manihuruk(7),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
(6) Universitas Negeri Medan
(7) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah, untuk membahas lebih lanjut terkait implementasi Kurikulum merdeka belajar, pada buku teks bahasa indonesia sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka dengan menggunakan sumber-sumber tertulis untuk memahami, menganalisis, dan mensintesis informasi yang relevan tentang penerapan kurikulum merdeka belajar pada buku teks bahasa Indonesia sekolah menengah atas. Ini melibatkan penelusuran literatur, jurnal ilmiah, buku, dan sumber-sumber lainnya untuk membangun pemahaman yang komprehensif tentang subjek yang diteliti. Hasil dari penelitian ini adalah, dalam buku teks bahasa Indonesia sekolah menengah atas, karakteristik Kurikulum Merdeka cenderung menekankan pada pembelajaran yang lebih mandiri dan berbasis proyek. Ini memberi siswa lebih banyak kebebasan untuk mengeksplorasi minat mereka sendiri, dan mengembangkan keterampilan serta pemahaman secara menyeluruh.


Keywords


Kurikulum Merdeka, Buku Teks Bahasa Indonesia, Sekolah Menengah Atas, Pendekatan Kualitatif

References


Addurorul Mustatsiroh; Rosmiati; Fadriati.2023. Analisis implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 4 Sijunjung. Jurnal Kajian dan pengembangan umat. Vol,6. No,2.

Assyifa, T. (2023). Analisis Kualitas pada Buku Teks Bahasa Indonesia di SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka. SNHRP-5, 754-762.

Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58-69.

Ishma Shafiyatu Sa'diyah; Raya Oktavia; Raden Syara Bisyara; Badrudin. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang SMA. Vol,4. No,2.

Jamilatun Nafi'ah, D. J. (2019). Karakteristik Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Auladuna, 1-12.

Juliati Boang Manalu, P. S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. MAHESA, 1(1), 80-86.

Qurrotul Aini, N. M. (2023). Teknik dan Bentuk Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 69-74.

Sari, Melda, R. 2019. Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1(1), 38 – 50.

Simanjuntak, R., Elfrianto, E., Yusmidani, Y., & Saragih, V. (2023). Administrasi Tata Kelola dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK)

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 57 times
PDF Download : 43 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tri Indah Prasasti, Sheshilia P Damanik, Yanti M Ambarita, Agus T. A. Marpaung, Monica M. Hutabarat, Riskida Tambunan, Indah Manihuruk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.