Prinsip dan Alat Evaluasi Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Ena Desta Sri Mahdalena(1), Salwa Putri(2), Budi Kurnia(3),


(1) Universitas Nusa Putra
(2) Universitas Nusa Putra
(3) Universitas Nusa Putra
Corresponding Author

Abstract


Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berperan penting dalam membentuk pemahaman peserta didik tentang dinamika masyarakat, sejarah, geografi, ekonomi, dan kebijakan publik. Pengembangan keterampilan literasi sosial dan pemikiran kritis melalui pembelajaran IPS menjadi kunci keberhasilan dalam membentuk generasi yang cerdas dan terinformasi. Dalam rangka memastikan efektivitas pembelajaran IPS, evaluasi menjadi unsur yang tak terpisahkan, memastikan pencapaian tujuan pembelajaran dan kemajuan peserta didik. Artikel jurnal ini bertujuan untuk membahas dan menguraikan prinsip-prinsip evaluasi yang mendasari pembelajaran IPS, sekaligus mengeksplorasi berbagai alat evaluasi yang dapat digunakan untuk mengukur pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam ranah IPS. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi para pendidik dan peneliti dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran IPS di berbagai tingkatan pendidikan. Metode Penelitian Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan kajian secara teori terhadap sumber sumber yang relevan . Data bersumber dari pustaka yang berupa artikel jurnal, dokumen pemerintah, dan artikel ilmiah lain tentang evaluasi pembelajaran. Beberapa tahapan penelitian yang dilaksanakan antara lain: (a) mengidentifikasi pustaka dan data sekunder yang terkait dengan fokus penelitian (b) melakukan seleksi pustaka utama (c) melakukan ekstraksi dan analisis data dan (d) merumuskan serta menginterpretasi hasil analisis. Sumber data utama dalam penelitian ini dapat dilihat pada Metode Studi Pustaka ini difokuskan pada dua tinjauan, yakni Tinjauan Teoritis dan Tinjauan Empiris.


Keywords


Ilmu Pengetahuan Sosial, Prinsip, Alat Evaluasi

References


Dr. Hj. Mardiah Astuti, M. (2022). Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Faizal Achyar, R. S. (2022). Evaluasi Pemanfaatan E-learning Untuk Mata Pelajaran IPA di kelas VIII di masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 35-36.

Indrakusuma, A. D. (1977). Evaluasi Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Malang.

Ir. Lindung, M. (2014). Penggunaan Istilah Evaluasi,Pengukuran, Tes, dan Asesmen dalam diklat. Jambi: Widyaiswara Balai Pelatihan Pertanian Jambi.

Slameto, (2020). Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara: Jakarta

Sudjiono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 227 times
PDF Download : 132 times

DOI: 10.57235/arrumman.v1i1.2206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ena Desta Sri Mahdalena, Salwa Putri, Budi Kurnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.