Meta Analisis: Pengembangan Media Pembelajaran Dasar-Dasar Pemrograman Berbasis Desktop
(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
(6) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author
Abstract
Dalam konteks pendidikan yang semakin dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, kebutuhan akan alat pembelajaran yang inovatif menjadi sangat penting, terutama dalam bidang pemrograman yang merupakan keterampilan yang sangat dicari di pasar kerja saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan aplikasi yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pembelajaran alternatif, tetapi juga membantu dalam pengolahan data untuk komunitas lokal serta meminimalkan kesalahan dalam entri data. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini mencakup tinjauan pustaka dan studi dokumentasi untuk pengumpulan data, serta penerapan model waterfall dalam pengembangan sistem. Model ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, desain sistem, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan. Dengan pendekatan ini, diharapkan aplikasi yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna dan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran yang dikembangkan memiliki potensi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pemrograman dasar. Selain itu, aplikasi ini juga diharapkan dapat menjadi sumber daya yang berguna bagi pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penulis juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang mungkin dihadapi selama proses pengembangan, termasuk kebutuhan untuk terus memperbarui konten dan fitur aplikasi agar tetap relevan dengan perkembangan teknologi terkini.
Keywords
References
.[1]Ahmia, M., & Belbachir, H. (2018). p, q-Analogue of a linear transformation preserving log-convexity. Indian Journal of Pure and Applied Mathematics, 49(3), 549–557. https://doi.org/10.1007/s13226-018-0284-5
Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113–121. http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/425
Sukatmi, S. (2018). Aplikasi Absensi Siswa Berbasis Web Dengan Dukungan Sms Gateway Pada Smk Kridawisata Bandar Lampung. Jurnal Informasi Dan Komputer, 6(1), 20–29. https://doi.org/10.35959/jik.v6i1.58
Kesuma Astuti, F., & Sri Agustina, D. (2022). Membangun Website MTS Negeri 01 OKU Timur Menggunakan Php dan Mysql. Jik, 13(1), 7–14.
Novria Rahma, Budi Kurniawan, M. K., & Suryanto, M. K. (2022). Aplikasi Pemesanan Makanan Di Bebek dan Ayam Tekaeng Menggunakan Php dan Mysql. Jurnal Informatika Dan Komputer (JIK), 13(No. 1), 15–26.
Maxwell, D. D. S., Hugo, L. T.(2015). Redis Essentials, Packt Publishing.Josiah, L. C.(2013). Redis in Action, Manning Publications Co.
Syahputra, A. K., & Kurniawan, E. (2020). Perancangan Aplikasi Pemesanan dan Pembayaran Berbasis Desktop pada Percetakan UD. Azka Gemilang menggunakan Metode Prototype. Seminar Nasional Royal (SENAR) 2020, 9986(September), 105–110.
Hawari Nasution, M. A. Al, Siswanto, S., & Suryana, E. (2023). Rancangan Media Pembelajaran Berupa Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Media Infotama, 19(2), 528–537. https://doi.org/10.37676/jmi.v19i2.4771
Dirgantara, U., & Suryadarma, M. (2014). Perancangan Sistem Informasi Persedian Barang Berbasis Web Pada Pt. Xyz (Department It Infrastructure). Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 10(1). https://doi.org/10.35968/jsi.v10i1.993
Suendri, U. M. (2024). Unified Modeling Language (UML). Encyclopedia of Computer Graphics and Games, 6341(November), 1935–1935. https://doi.org/10.1007/978-3-031-23161-2_301199
Informasi, S., Penelitian, M., Pengabdian, D. A. N., & Puturuhu, V. (2022). Jurnal simetrik vol 12, no. 1, juni 2022. 12(1), 553–560.
Depdiknas. 2008. Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Mulyono, H., Amalia, D. R., & Suryoputro, G. (2019). Politeness strategies in teacher-student whatsapp communication. Pasaa, 58, 295–318.
Sulistya Sudeni, L. M. (2022). an Analysis of Students-Educator’S Politeness Strategy Toward Online Communication in Efl Context. E-Link Journal, 9(1), 8. https://doi.org/10.30736/ej.v9i1.608
Yormala, W., & Setiawati, K. (2016). Perancangan Aplikasi Kamus Geografi Berbasis Android. Jurnal Teknoif, 4(1), 48–56.
Article Metrics
Abstract View : 92 timesPDF Download : 47 times
DOI: 10.57235/arrumman.v1i2.3966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fahmy Syahputra, Elsa Sabrina, Teguh Mediansyah, Gali Armando, Abel Sinaga, Yosa Perangin Angin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.