Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Perabu (Petualangan Ragam Budaya) Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keberagaman Budaya di Indonesia Kelas V SD

Yunia Listia(1), Meiliana Nurfitriani(2), Anggia Suci Pratiwi(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(2) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(3) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual PERABU (Petualangan Ragam Budaya) berbantuan aplikasi powtoon pada materi keberagaman budaya di Indonesia yang dapat digunakan sebagai pendukung pada proses pembelajaran siswa kelas V Sekolah Dasar dalam memahami materi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, terdapat beberapa kendala yang terjadi pada sat proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran PPKn materi keberagaman budaya di Indonesia, salah satunya kurangnya penggunaan media pembelajaran yang sangat berpengaruh terhadap nilai yang diraih oleh siswa, yaitu sebanyak 58% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM yaitu 75. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Tung (2017) yang memiliki 5 tahapan, yaitu Analysis (menganalisis), Design (merancang), Development (mengembangkan), Implementation (melaksanakan), dan Evaluation (mengevaluasi atau menilai). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi media pembelajaran audio visual PERABU oleh validator ahli, sebagai berikut: ahli media memperoleh presentase akhir 91% dengan kategori “sangat baik” dan layak digunakan, dan ahli materi memperoleh presentase akhir 96% dengan kategori “sangat baik” dan layak digunakan. Adapun hasil dari uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 88,1% dengan kategori “sangat baik”, dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 89,5 dengan kategori “sangat baik”. Hal ini menunjukkan bahwa media audio visual PERABU sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran PPKn pada materi keberagaman budaya di Indonesia. Sedangkan hasil efektivitas pada kelas eksperimen, memperoleh rata-rata skor N-Gain 0,77 dengan kategori “tinggi” dan kategori tafsiran “efektif”. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka media pembelajaran audio visual PERABU berbantuan aplikasi powtoon layak dan efektif digunakan di Sekolah Dasar.


Keywords


Media Pembelajaran Audio Visual, Powtoon, Keberagaman Budaya di Indonesia

References


Adilah, A. N., & Minsih, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monokebu pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5076–5085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3026

Amilia, S., Rabayu, D. W., Ibrahim, M., & Rulyansah, A. (2023). penerapan media powtoon pada pembelajaran materi perubahan wujud benda terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III.

Anggita, Z. (2021). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 44–52. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4538

Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi Industri Kreatif. (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 1, 292-301.

Aprillia, M., Rahmawati Subagio, P., Pembayun, S., & Nur Aeni, A. (2023). Penggunaan Video Animasi Powtoon Untuk Menteladani SHATAFAT (sidiq, amanah, tabligh, fathonah) Bagi Peserta didik SD. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(4), 141–149. https://doi.org/10.52436/1.jpti.282

Delviana, Evi (2017). Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaat dan Problematikanya. Badan Penerbit UNM. Makasar.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2 (2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Gunawan, & Ritonga, A. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain scores.AREA-D American Education Research Association's Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163.

Hasibuan, M. W. & Anshor., A. S. (2023). Development of Powtoon Animation Learning Media on Flat Building Materials Class IV. International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 2(2), 211–219. https://doi.org/10.55299/ijere.v2i2.466.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.

Meltzer, D. E. (2002). The Relationship Between Mathemathics Preparation and Concetual Learning Gains in Physics a Passible Hidden Variable in Diagnostic Pre-Test Scores. Journal of am J Phys. 70 (12)

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Nurdiana, D. E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Cd Interaktif Terintegrasi Nilai Islam Disertai Dengan Mind Mapping Pada Materi Jaringan Epitel Kelas Xi Sma Negeri 16 Semarang. In Skripsi.

Nurfadhillah, S., Fadhilatul Barokah, S., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., Yanti, A. A., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 1 Mi Al Hikmah 1 Sepatan. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 149–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Nuriyanti, L., Prayitno, S., Tyaningsih, R. Y., & Sarjana, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis PowToon Pada Materi Statistika. 7, 1462–1471.

Prihanto, D. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Komik Matematika Materi Debit pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 79–90. https://eprints.umm.ac.id/39335/%0Ahttps://eprints.umm.ac.id/39335/1/PENDAHULUAN.pdf

Purwono, Joni, D. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran., 2(2), 127–144.

Putri, A., & Reinita, R. (2022). Pengembangan Media Video Powtoon Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning (Pbl) Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.692

Shobach, M. 1., Moh Ilham, S., Oktaviona, C., & Fariduddin Attar, M. (2022). Ancaman Westernisasi Terhadap Budaya Lokal Indonesia Dari Perspektif Komunikasi Massa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 1, 652–662.

Sugiyono. (2007). Statistia Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung : Alfabeta.

Susila, M. R., Pradhani, F. I. (2022) Analisis Pengaruh Pdrb Per Kapita Dan Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Jumlah Pendapatan Pajak Daerah Provinsi Di Indonesia Muktar Redy Susila. 72–87.

Ulfa, R., & Ulfa, R. (n.d.). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. 6115, 342–351.

Vebrianto Susilo, S. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 113. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2100

Widayanti, I., & Juhji. (2023). Developing STEM-Based Powtoon Animation videos to Enhance Critical Thingking Skills in Elementary School Students.


Full Text: Untitled PDF

Article Metrics

Abstract View : 89 times
Untitled Download : 0 times PDF Download : 40 times

DOI: 10.57235/arrumman.v1i2.4259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yunia Listia, Meiliana Nurfitriani, Anggia Suci Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.