Pengaruh Media Game Edukasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar PPKn pada Materi Keragaman Budaya Bangsa Indonesia Kelas 5 di SDN Jayagiri
(1) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(2) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(3) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media game edukasi Wordwall terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada materi keragaman budaya Indonesia di kelas 5 SDN Jayagiri. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan nonequivalent control group design. Dalam desain ini populasi dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media game edukasi Wordwall dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas 5 SD Negeri Jayagiri Kecamatan Sodonghilir sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan posttest dan data dianalisis menggunakan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa media game edukasi Wordwall memiliki pengaruh terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas 5 SD Negeri Jayagiri Kecamatan Sodonghilir. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 30 dan setelah diberikan perlakuan kemudian dilakukan posttest nilai rata-rata adalah 64. Sedangkan pada kelas eksperimen, nilai rata-rata pretest yang didapat adalah 33, kemudian setelah diberikan perlakuan dan diberikan posttest nilai rata-rata siswa yang didapat adalah 87. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test. pada program SPSS 26, hasil hipotesis yang didapat dengan nilai sig 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga penggunaan media game edukasi Wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn pada materi keragaman budaya Indonesia siswa kelas 5 SD Negeri Kersagalih Kecamatan Jatiwaras
Keywords
References
Akhirudin, A., & Syaefuddin, A. (2022). Dakwah Islam Dan Budaya Lokal (Sebuah Upaya Pemurnian Ajaran Islam). Syiar: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 111–126. https://doi.org/10.54150/syiar.v2i2.105
Al Habib, J. (2014). Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2014 Yogyakarta, 15 November 2014 ISSN: 1979-911X. Snast, November, 211–216.
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249
Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data.
Alim Irhamna, S. (2018). Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Perekonomian Masyarakat Sekitar Objek Wisata di Dieng Kabupaten Wonosobo. Economics Development Analysis Journal, 6(3), 320–327. https://doi.org/10.15294/edaj.v6i3.22277
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (edisi revi). PT. Raja Grafindo Persada.
AS, N. (2020). Pergeseran Budaya Masyarakat Perlak Asan: Studi Kasus tentang Pakaian Adat. Jurnal Adabiya, 20(1), 1. https://doi.org/10.22373/adabiya.v20i1.6775
Bueno, M., Perez, F., Valerio, R., Mareth, E., & Areola, Q. (2022). a Usability Study on Google Site and Wordwall.Net: Online Instructional Tools for Learning Basic Integration Amid Pandemic. Journal of Global Business and Social Entrepreneurship (GBSE), 7(23), 24621714. www.gbse.com.my
Duxanda, P. A., & Ratnaningrum, D. (2019). Wahana Dunia Permainan Tradisional Dan Modern. 1(1), 636–646.
Erlinda, R., & Hasibuan, P. (2024). Makna Tor-Tor Namora Pule dalam Upacara Horja Godang di Desa Aek Godang Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara. 8, 8823–8832.
Frans, J. (2018). Pergeseran Nilai Ulos Pada Adat Batak Toba Di Kelurahan Sri Meranti Kelurahan Rumbai. 5.
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079
Hakam, M., Sudarno, & Hoyyi, A. (2015). Analisis Jalur Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Mahasiswa Statistika Undip. Jurnal Gaussian, 04(01), 61–70.
Hasbi, M. R. (2017). Kajian Kearifan Lokal Pada Arsitektur Tradisional Rumoh Aceh. Jurnal Arsitektur, Bangunan, & Lingkungan, 7(1), 1–16.
Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Islawati, U. S., & Mas’udah. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Untuk Mengenalkan Pakaian Adat Jawa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Preschool: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(https://preschool.iain-jember.ac.id/index.php/preschool/issue/view/3), 4.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Antasari Press.
Jumantri, M. C., & Nugraheni, T. (2020). Pengkajian Gaya Busana Tari Jaipongan Karya Sang Maestro. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 4(1), 9. https://doi.org/10.24114/gondang.v4i1.16324
Khotimah, K., Sulistyarini, S., & Adlika, N. M. (2023). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 11(3), 255–261. https://doi.org/10.23887/jjpg.v11i3.63679
Maisyarah, R., & Prativi, M. (2023). Keharmonisan Pada Gerak Tari Saman Dalam Perspektif Estetika. Human Art’sthetic Journal, 1(1). http://journal.uvers2.ac.id/index.php/haj/article/view/107%0Ahttps://journal.uvers2.ac.id/index.php/haj/article/download/107/96
Merina, B., & Muhaimin. (2023). Kearifan Lokal Dan Hukum Adat Suku Dani Di Papua. Jurnal Hukum Caraka Justitia, 03(01), 1–80.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659.
Nagata, T., & Sunarya, Y. Y. (2023). the Development of Contemporary Kebaya As Cultural Transformation. Jurnal Seni & Reka Rancang, 5(2), 239–254.
Najuah, Sidiq, R., & Sinamora, R. S. (2022). Game Edukasi: Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21. In Yayasan Kita Menulis.
Nastiti, L. S., & Malarsih. (2021). JURNAL SENI TARI Koreografi Tari Gambyong Jangkung Kuning di Surakarta. Jurnal Seni Tari, 10(1), 45–55. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/article/view/46167
Noor, M. A. (2018). Kebudayaan Dalam Kependidikan Makna Pendidikan dan Kebudayaan. 1–9.
Nurdyansah, & Toyiba, F. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Madrasah Ibtiaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 929–930. http://eprints.umsida.ac.id/1610
Nurfauziah, N., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika pada Rumah Adat. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(1), 5–12. https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i1.351
poerwaningtias, intania, & suwarto, nindya k. (2017). Rumah Adat Nusantara. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Rahayu, W. S., Sukardi, & Hidayatullah, F. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Tari Sajojo Melalui Pembelajaran Seni Tari Kreasi Pada Siswa Laki-Laki Sma Muhammadiyah 1 Muara Padang. Jurnal Pendidikan Seni & Seni Budaya, 7(1).
Rahmatina, Q. A. (2022). Strategi Dinas Budpar Melestarikan Kesenian Daerah Aceh Selatan.
Sa’adah, L. (2021). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis (Zulfikar (ed.)). LPPM. Universitas KH. A. WAHAB HASBULLAH. Jombang.
Sahril, M., Saputra, A., & Satwikasari, A. F. (2019). Kajian Arsitektur Tradisional Sunda pada Desain Resort. PURWARUPA Jurnal Arsitektur, 3(4), 65–74. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/purwarupa/article/view/3991
Saleh, Y. T., Nugraha, M. F., & Nurfitriani, M. (2017). Model Permainan Tradisional “Boy-Boyan” Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Sd. 1(2b), 127–138.
Sari, E. P., Dadi, S., & Yusuf, S. (2015). Pengaruh Pemanfaatan Museum Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pakaian Adat Tradisional Bengkulu Di SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Riset Pendidikan Dasar, 1(2), 126–132.
Setyadin, A., Gunadi, D., Ramdhani, F. H., & Ardiansyah, H. (2022). Implementasi Aplikasi Autocad Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. 1(1), 8–16.
Shiddiq, J. (2021). Inovasi Pemanfaatan Wordwall Sebagai Media Game Based Learning Untuk Bahasa Arab. Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 05.
Sugiarto. (2022). Metodologi Penelitian Dan Bisnis (E. S. Mulyanta (ed.); 2nd ed.). Penerbit ANDI (Anggota IKAPI).
Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian (E. Mulyatiningsih (ed.)). CV ALFABETA.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, cv.
Suryadi1, E. dan Y. (2016). Jurnal Pendidikan Indonesia. Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET), Volume 2 N(ISSN 2476-9886), Hlm 14-18. http://jurnal.iicet.org
Susilo, A. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649
Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386
Swarjana, I. K. (2022). Populasi-Sampel:Teknik Sampling dan Bias dalam Penelitian (E. Risanto (ed.)). Penerbit ANDI (Anggota IKAPI).
Witri, G., Syahrilfuddin, S., & Guslinda, G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Memfasilitasi Belajar Mandiri Mahasiswa Calon Guru Sd Pada Konsep Bilangan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 218. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6266
Article Metrics
Abstract View : 117 timesPDF Download : 94 times
DOI: 10.57235/jcrd.v1i2.3210
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Lisnanda Putri, Yopa Taufik Saleh, Nita Anggi Purnama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.