Hubungan Game Online Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 115 Pekanbaru

Putri Athifah(1), Latif Latif(2),


(1) Universitas Islam Riau
(2) Universitas Islam Riau
Corresponding Author

Abstract


Bermain game online dapat menimbulkan efek ketagihan yang berakibat melalaikan kehidupan nyata. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan game online terhadap minat belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 115 Pekanbaru. Untuk mengetahui hubungan game online terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 115 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif biasanya dilakukan dengan jumlah sampel yang ditentukan berdasarkan populasi yang ada. Hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 115 Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan game online dan minat belajar dengan prestasi belajar bersifat linier yang artinya game online memiliki hubungan signifikan dengan minat belajar siswa SDN 115 Pekanbaru


Keywords


Game Online, Minat dan Hasil Belajar Siswa

References


Akrim, A. (2022). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa (Belajar Pai Mencetak Karakter Siswa). Aksaqila Jabfung.

Arikunto, S. (2013b). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Asri, A. R. (2022). Kecanduan Game Online Siswa Dan Penanganannya Pada Era Pandemi Di Sma Negeri 13 Bone (Studi Kasus Sma Negeri 13 Bone).

Choi, C., Hums, M. A., & Bum, C. H. (2018). Impact Of The Family Environment On Juvenile Mental Health: Esports Online Game Addiction And Delinquency. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 15(12), 2850.

Fadila, E., Robbiyanto, S. N., & Handayani, Y. T. (2022). Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Remaja. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 1(2), 17-31. Https://Doi.Org/10.55606/Klinik.V1i2.531

Harsan, A. (2011). Jago Bikin: Game Online. Media Kita.

Helmawati. (2018). Mendidik Anak Berprestasi Melalui 10 Kecerdasan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Kadir. (2015). Statistika Terapan Konsep, Contoh Dan Analisis Data Dengan Program Spss/Lisrel Dalam Penelitian. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada

Manita, Y. A., Rahayu, C. D., Setyawati, A., Alviana, F., & Purnamasari, I. (2023). Hubungan Durasi Bermain Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Dalam Tinjauan Qs Arrum: 23. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(2), 47-55.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal Of Primary Education, 3(1), 20-28.

Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Munir, M., & Rizqi, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menanggulangi Kebiasaan Anak Yang Bermain Game Online Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Kelurahan Bakalan Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1), 69-86.

Ndraha, I. S., & Mendrofa, R. N. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672-681.

Ningsih, N. L. P. R., Darsana, I. W., & Abadi, I. G. S. (2018). Korelasi Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Ips. Mimbar Pgsd Undiksha, 6(3), 202-209.

Nisrinafatin, N. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 135-142.

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (Jppguseda), 3(1), 42-46.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128.

Nurhijah, N., Setiyoko, D. T., & Purnomo, H. A. (2022). Analisis Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi Kasus Di Sdn Pengaradan 03 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes). Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 17-34.

Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah: Literatur Review. Borneo Nursing Journal, 4(1), 31-47.

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishing

Purwono. (2010). Dokumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Putri, C. D., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2019). Problem Based Learning Terintegrasi Stem Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jipi (Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa), 4(2), 193-204.

Riskun, R. R. R., & Uce, L. U. L. (2024). Studi Analisis Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Nusantara, 9(1), 46-60.

Rofiqoh, R. (2023). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Paibp) Kelas Xi Sma N 2 Ungaran Tahun Pelajaran 2022/2023. (Doctoral Dissertation, Upt. Perpustakaan Undaris).

Samsudin, S. N., & Tasrim, I. W. (2023). Dampak Game Online Terhadap Minat Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Smp Negeri 1 Totikum Dalam Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam. Journal Of Educational Management And Islamic Leadership (Jemil), 2(01), 77-92.

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping. Tanggap: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92-109.

Setiawan, H. R., & Abrianto, D. (2021). Menjadi Pendidik Profesional (Vol. 1). Umsu Press.

Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Yang Menarik Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sd Swasta Hkbp 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 69-75.

Slameto, S. (2015). Pembelajaran Berbasis Riset Mewujudkan Pembelajaran Yang Inspiratif. Satya Widya, 31(2), 102-112.

Suciyati, S., & Mariamah, M. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 04 Sila. Jurnal Pendidikan Mipa, 8(2), 142-149.

Sugiyono, (2013), Memahami Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta

Sumanto, M. A. (2014). Pisikologi Umum. Media Pressindo.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1).

Swarjana, I. K., & Skm, M. (2022). Populasi-Sampel, Teknik Sampling & Bias Dalam Penelitian. Penerbit Andi.

Taufik. S. W. 2014. Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Online Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Ips Di Sdn 1 Sokaraja Wetan. (Skripsi).

Verdia, R. K; 2012, Studi Kuantitatif Tentang Motivasi Belajar Pada Remaja Pengguna Game Online Di Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga, Skripsi, Universitas Muhamadiyah Purwokerto.

Wallen, N. E., & Fraenkel, J. R. (1990). Educational Research: A Guide To The Process. Routledge.

Wirtaria, R., Aniswita, A., & Elmita, E. (2023). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Va Sdn 10 Sapiran Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 5(1), 3865-3871.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 74 times
PDF Download : 43 times

DOI: 10.57235/jcrd.v1i2.3432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Putri Athifah, Latif Latif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.