Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Kelas 8 SMP IT Bina Bangsa

Siti Nurindah(1), Dewi Surani(2), Amat Hidayat(3),


(1) Universitas Bina Bangsa
(2) Universitas Bina Bangsa
(3) Universitas Bina Bangsa
Corresponding Author

Abstract


Perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang membawa perubahan signifikan dalam pendidikan, termasuk penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. SMPIT Bina Bangsa menghadapi tantangan dalam meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK. Penggunaan media pembelajaran berbasis Canva dianggap berpotensi mengatasi masalah ini. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi efektivitas penggunaan Canva dalam meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar siswa kelas 8 pada mata pelajaran TIK di SMPIT Bina Bangsa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis bagi guru dan sekolah dalam mengimplementasikan media pembelajaran berbasis teknologi. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur dengan guru TIK dan perwakilan siswa kelas 8, observasi langsung, dokumentasi, serta kuesioner online. Analisis data menggunakan teknik analisis tematik dan triangulasi untuk memastikan validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva memberikan dampak positif signifikan terhadap kreativitas dan motivasi belajar siswa. Siswa menunjukkan peningkatan keterampilan desain, antusiasme dalam mengikuti pelajaran, dan kemampuan menghasilkan karya visual yang inovatif. Faktor pendorong meliputi kemudahan penggunaan Canva, variasi tugas, dan relevansi dengan dunia nyata. Faktor penghambat termasuk keterbatasan akses teknologi dan risiko fokus berlebihan pada aspek visual. Kesimpulannya, integrasi Canva dalam pembelajaran TIK terbukti efektif meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar siswa. Namun, perlu strategi untuk mengatasi tantangan seperti menyediakan pelatihan memadai dan memastikan akses teknologi yang merata. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan lain yang ingin mengadopsi media pembelajaran berbasis teknologi.


Keywords


Media pembelajaran Canva, Kreativitas Siswa, Motivasi Belajar, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), SMPIT Bina Bangsa

References


Csikszentmihalyi, M. (2015). The systems model of creativity: The collected works of Mihaly Csikszentmihalyi. Springer.

Handayani, S., Prodi, D., Fisika, T., Tarbiyah, F., Keguruan, I., Syekh, U., Hasan, A., & Padangsidimpuan, A. A. (2023). Manfaat Canva untuk Melatih Kreativitas Pembuatan Mind Map Mata Kuliah Alat-Alat Ukur dan Instrumentasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 2(2), 51–61. https://doi.org/10.58466/INTERN.V2I2.1171

Henrie, C. R., Halverson, L. R., & Graham, C. R. (2015). Measuring student engagement in technology-mediated learning. A Review. Computers & Education.

Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138–146. https://doi.org/10.20961/JPD.V11I1.72716

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. http://library.stik-ptik.ac.id

Putra Pratama, M., Sampelolo, Rigel, Tulak, T., Kristen, U., & Toraja, I. (2023). Mengembangkan Materi Pembelajaran Interaktif Dengan Canva Untuk Pendidikan Di SMP. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290–297. https://doi.org/10.35906/RESONA.V7I2.1843

Rizky, O. :, Mabruri, A., & Yogyakarta, U. N. (2016). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Piyaman. Basic Education, 5(32), 3-064-3.072. https://journal.student.uny.ac.id/pgsd/article/view/5073

Romayati Keswara, U., Arif Wahyudi, D., Erni Puspita Sari, W., Keperawatan Malahayati Bandar Lampung, A., Keperawatan STIKes Aisyah Pringsewu, I., & Pujokerto Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah, P. (2019). Pengetahuan, Sikap Dan Peran Tenaga Kesehatan Terhadap Penerapan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga. Holistik Jurnal Kesehatan, 13(1), 37–47. https://doi.org/10.33024/HJK.V13I1.1128

Ryan, R. M., Deci, E. L., Grolnick, W. S., & La Guardia, J. G. (2015). The Significance of Autonomy and Autonomy Support in Psychological Development and Psychopathology. Developmental Psychopathology: Second Edition, 1, 795–849. https://doi.org/10.1002/9780470939383.CH20

Safira, P. N., & Murikah, I. (2023). Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Berbantuan Metode Pembelajaran Berbasis Games. Jurnal Program Pendidikan Profesi Guru (JPROPPG), 1(1), 44–56.

Suciliyana, Y., Ode Abdul Rahman, L., Komunitas, K., Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, F., Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar, D., & Ilmu Keperawatan, F. (2020). Augmented Reality Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Untuk Anak Usia Sekolah. Jurnal Surya Muda, 2(1), 39–53. https://doi.org/10.38102/JSM.V2I1.51

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Alfabeta.

Trianto, A. (2007). Bahasa Indonesia:-Jilid 1. Esis.

Wijaya, H. (Hengki), & Arismunandar, A. (Arismunandar). (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175–196. https://doi.org/10.25278/JJ71.V16I2.302


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 122 times
PDF Download : 114 times

DOI: 10.57235/jcrd.v1i2.3484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siti Nurindah, Dewi Surani, Amat Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.