Pengaruh Metode Berbasis Permainan Edukatif Dalam Pengajaran Operasi Bilangan Bulat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD IT Insan Madani

Elvi Mailani(1), Doni Irawan Saragih(2), Lulu Lolyta Pandiangan(3), Stela Lianti Bangun(4), Novi Fhitri Ade(5), Valina Qorry Amelia(6),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
(6) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode berbasis permainan edukatif terhadap hasil belajar operasi bilangan bulat pada siswa kelas VI SD IT Insan Madani. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional dan kelompok eksperimen yang diajar dengan metode permainan edukatif. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest dengan soal esai untuk mengukur pemahaman siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yang diajar menggunakan metode permainan edukatif adalah 80, sementara kelompok kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional hanya mencapai rata-rata 70. Uji hipotesis menunjukkan nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode permainan edukatif berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi bilangan bulat.


Keywords


Permainan Edukatif, Operasi Bilangan Bulat, Eksperimen Semu, Hasil Belajar, Pendidikan Matematika Dasar

References


Aprilina, Cheri dan Hanif Al Fatta. 2021. Perancangan Game Edukasi “Cooking For Child”. Jurnal. Jurnal Ilmiah DASI Vol 15 No.04.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Hidajat, Djatmiko, dkk. 2022. Anasilis Kesulitan dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Jurnal. Jurnal Pendidikan Matematika IA IN Kudus. Vol 1 No 1

Hidajat, Djatmiko, dkk. 2022. Anasilis Kesulitan dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Jurnal. Jurnal Pendidikan Matematika IA IN Kudus. Vol 1 No 1

Krisbiantoro, Dwi. 2021. Game Matematika sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal. Jurnal Telematika Vol 10 No. 2 Agustus 2021.

Kurniawan, A. (2021). Penerapan Metode Konvensional dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 123-130

Qomarul, Rohman. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Fisika untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Belajar Siswa. Jurnal. JPPF, Vol. 8 No. 2 Tahun 2021

Ramadhan, Tarmidzi, dkk. 2022. Pengembangan Game Edukasi Matematika berbasis Android untuk Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic, Volume 5, Nomor 2

Rulyansah, Afib. 2022. Pengembangan Modul Berbasis Kecakapan Hidup pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal. Must: Journal of Mathematic Education, Scinece, and Technology Vol 3 No 2

Sadiman, Arief, dkk. 2015. Media pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suhardi, I., & Prabowo, R. (2020). Pendidikan Berbasis Permainan Edukatif: Teori dan Praktik. Jurnal Pendidikan, 12(1), 45-58.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 77 times
PDF Download : 64 times

DOI: 10.57235/jcrd.v1i2.3908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Elvi Mailani, Doni Irawan Saragih, Lulu Lolyta Pandiangan, Stela Lianti Bangun, Novi Fhitri Ade, Valina Qorry Amelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.