Pengembangan Media Pembelajaran SOLCAR Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar

Teti Suhati(1), Budi Hendrawan(2), Rahmat Permana(3),


(1) Universitas Muhammdiyah Tasikmalaya
(2) Universitas Muhammdiyah Tasikmalaya
(3) Universitas Muhammdiyah Tasikmalaya
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode R&D (Research and Development) atau penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui keefektifan media pembelajaran SOLCAR (Solar System Card Augmented Reality) Berbantuan Assemblr Edu untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sistem tata surya kelas VI Sekolah Dasar yang dilatar belakangi dengan kurang antusias siswa terhadap pembelajaran, sehingga perlu adanya inovasi dan kreativitas sebagai guru dalam pembelajaran, agar materi yang tersampaikan dengan baik. Pengembangan media pembelajaran SOLCAR (Solar System Card Augemented Reality) Berbantuan Assemblr Edu mengadopsi tahapan model 4D dengan subjek penelitian kelas VI Sekolah Dasar. Teknik analisis data yang digunakan analisis kuantitaf dan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes digunakan kepada peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini pada ahli media layak digunakan dengan hasil akhir 94% dengan kategori “Sangat Layak”. Validasi ahli materi sebesar 86% dengan kategori “Sangat Layak”. Validasi ahli bahasa sebesar 80% dengan kategori “Layak” dan validasi guru dengan 96% kategori “Sangat Layak”. Uji coba kelompok kecil 96,25% dan uji coba kelompok besar 85,47% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan untuk mengetahui kefektifan media dilakukan pretest dan posttest terjadi perubahan yang signifikasn. Skor awal pretest rata-rata sebesar 50,67, sedangkan rata-rata hasil posttest lebih besar dari rata-rata pretest. Kemudian untuk mengetahui kefektifan media dihitung menggunakan N-Gain mendapatkan skor 0,78 atau 78% dengan kategori “Efektif”. Dapat disimpulkan bahwa enggunaan media SOLCAR (Solar System Card Augmented Reality) Berbantuan Assemblr Edu efektif sehinggan dapat meninggkatkan pemahaman pada materi sistem tata surya kelas VI Sekolah Dasar.


Keywords


Media SOLCAR, Hasil Belajar, Materi Sistem Tata Surya

References


Fadilah , N. S., Nita, C. I., & Yasa, A. D. (2020). Pengembangan Media E-Puzzle kenampakan Alam Pada Siswa Kelas IV SDN Tambaksari 3. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, Vol 4.

Mustaqim , I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality. Jurnal Pendidikan dan Kejuruan, Vol.13 No 2.

Mustaqim, I., & Kufarrniawan, N. (2017). Pengembangan Media Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro(Vol.1 No.1).

Utomo Nur, M. G., Degeng, I. S., & Praherdiono, H. (2022). Pengembangan Kartu Dengan Teknologi 3D Augmented Reality Sebagai Media Visual Tematik Kelas VI SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol.5 No.2. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um038v5i22022p162


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 205 times
PDF Download : 217 times

DOI: 10.57235/jerumi.v1i2.1248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Teti Suhati, Budi Hendrawan, Rahmat Permana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.