Tinjauan Yuridis Bank Sampah Dalam Persepektif Hukum Lingkungan

I Gusti Ayu Dilla Susmita Dewi(1), Kadek Julia Mahadewi(2),


(1) Universitas Pendidikan Nasional
(2) Universitas Pendidikan Nasional
Corresponding Author

Abstract


Bank sampah memainkan peran penting dalam pengelolaan sampah di berbagai negara. Dalam perspektif hukum lingkungan, bank sampah memiliki implikasi hukum yang signifikan. Artikel ini membahas aspek-aspek hukum yang terkait dengan bank sampah, seperti perizinan, tanggung jawab hukum, dan perlindungan hak-hak masyarakat terhadap lingkungan yang bersih dan sehat. Pentingnya bank sampah dalam mengurangi pencemaran lingkungan dan mendorong praktik daur ulang menjadi fokus utama dalam analisis yuridis ini. Selain itu, artikel ini juga mempertimbangkan dampak bank sampah terhadap ekonomi lokal dan dampak positifnya dalam menciptakan kesadaran lingkungan di masyarakat. Tinjauan yuridis ini bertujuan untuk memberikan pandangan lebih dalam tentang bagaimana hukum lingkungan dapat mendukung dan mengatur bank sampah guna mencapai tujuan perlindungan lingkungan hidup. Dengan kata lain, bank sampah bukan hanya sebagai solusi praktis dalam mengelola sampah, tetapi juga sebagai instrumen hukum yang dapat mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup bagi generasi mendatang.


Keywords


Bank Sampah, Hukum, Hukum Lingkungan, Perlindungan Lingkungan

References


Dharmawan, A. R. (2023). Kebijakan Pengelolaan Sampah melalui Bank Sampah dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, Universitas Jenderal Soedirman).

Hidayatullah, M. S., & Purwanto, P. (2020). Tinjauan Yuridis Terhadap Undang–Undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit Dalam Pengelolahan Limbah Padat. IUS: Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum, 8(1), 65-73.

Koloay, K. A. S. (2015). Peran Pemerintah Daerah Dan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Di Kota Manado (Kajian Yuridis Peraturan Daerah Kota Manado No. 7 Tahun 2006tentang Pengelolaan Persampahan Dan Retribusi Pelayanan Kebersihan). Lex Et Societatis, 3(4).

Kurniawan, B. J. (2022). Tinjauan Yuridis Pelaksanaan Pengelolaan Sampah Plastik Kosmetik Sekali Pakai Pt. Valencia Organika Global Sebagai Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan Di Tangerang (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Ni’mah, L. (2022). Transaksi Menabung Sampah Prespektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Bank Sampah Tunjung Seto Desa Bae Kecamatan Bae Kabupaten Kudus) (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).

Rahmatullah, A. Z., Aslami, I. F., & Safiulloh, S. (2023). Tinjauan Yuridis Terhadap Hak Masyarakat Setempat Kelurahan Cilowong Atas Pengelolaan Sampah Tpa Di Kelurahan Cilowong Berdasarkan Peraturan Daerah (PERDA) Kota Serang Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Sampah Di Kota Serang. Jurnal Res Justitia: Jurnal Ilmu Hukum, 3(1), 53-67.

Syabrina, E. Tinjauan Yuridis Peran Bank Sampah Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Upaya Pencegahan Lingkungan Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmu Hukum, 11(2), 223-234.

Tjiptomo, C. A. (2021). Tinjauan Yuridis Terhadap Penanganan Sampah Di Kota Manado Menurut Peraturan Walikota Manado Nomor 33 Tahun 2018 Tentang Pengurangan Dan Penanganan Sampah Berbasis Kecamatan Kota Manado. LEX PRIVATUM, 9(11).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 103 times
PDF Download : 98 times

DOI: 10.57235/jerumi.v1i2.1268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 I Gusti Ayu Dilla Susmita Dewi, Kadek Julia Mahadewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.