Peranan Tokoh Agama Dalam Memberikan Rasa Kedamaian Melalui Ceramah Agama di Rumah Ibadah Atas Keberagaman Kepercayaan Sebagai Toleransi di Indonesia

Shalsa Harisa Ashura(1), Parlaungan Gabriel Siahaan(2), Novridah Reanti Purba(3), Agustina Verawati Simorangkir(4), Raditya Balqis(5), Desi Anggraini Saragi(6), Jernita Simatupang(7),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
(6) Universitas Negeri Medan
(7) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Karakterisasi sikap toleransi agama merupakan salah satu tugas dari suatu pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang diberikan pada tiap jenjang dan jalur pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, pandangan, dan perilaku masyarakat di Indonesia terkait sikap toleransi, serta bentuk upaya yang dilakukan tokoh agama dalam mengembangkan sikap toleransi beragama melalui ceramah di rumah ibadah. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Dalam penelitian ini menggunakan 5 responden yang terdiri dari 1 ustad, 1 kepling, 1 jamaah rajin ibadah, 1 jemaah yang tidak rajin ibadah dan 1 pengurus masjid. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) Proses terjadinya toleransi di masyarakat sekitar yang tidak terlepas dari peran tokoh agama (2) Dalam pandangan masyarakat kepercayaan sebagai toleransi merupakan bagian yang melekat dalam kehidupan masyarakat, yang dibuktikan dengan perilaku tokoh agama dalam memberikan ceramah di rumah ibadah (3) Upaya-upaya yang dilakukan tokoh agama dalam rangka mengembangkan sikap toleransi beragama dalam mengembangkan rasa kedamaian yakni melalui dialog antar pemuka agama dan membina pemeluk agamanya masing-masing di rumah ibadah

Keywords


Tokoh Agama, Toleransi, Ceramah

References


Afkari Sulistiyowati Gandariyah. 2020. Model Nilai Toleransi Beragama. Pekanbaru: Yayasan Salman.

Ali, Y. F. (2017). Upaya Tokoh Agama Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Antarumat Beragama. Untirta Civic Education Journal, 2(1).

Aliah. Siti., Zulfa Safira Firdausy., & Arita Marini. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon Untuk Menanamkan Sikap Toleransi di Sekolah Dasar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(6), 827–830.

Ginting, R., & Aryaningrum, K. (2009). Toleransi dalam masyarakat plural. Majalah Lontar, 23(4).

Hafidzi, A. (2019). Konsep toleransi dan kematangan Agama dalam konflik beragama di masyarakat Indonesia. Potret Pemikiran, 23(2), 51-61.

INAH, H. E. N. (2016). Peranan Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Pengamalan Ajaran Agama Islam Pada Masyarakat Kuli Bangunan Di Kel. Alolama, Kec. Mandongan Kota Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 11(1), 37-53.

Rahayu, S., & Kosasih, A. (2022). Praktik Toleransi Antar Umat Beragama Perspektif Pendidikan Islam pada Masyarakat Mahakarya Kampung I dan II, Kecamatan Luhak Nan Duo. ISLAMIKA, 4(4), 654-666.

Rosyidi, M. F. A. A. M. (2019). Konsep toleransi dalam islam dan implementasinya di masyarakat Indonesia. Madaniyah, 9(2), 277-296.

Sakdan, I. (2017). Optimalisasi Peran Tokoh Agama dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Tambak, S. (2014). Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2).

Wirabumi, R. (2020, October). Metode Pembelajaran Ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 96 times
PDF Download : 65 times

DOI: 10.57235/jerumi.v1i2.1392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Shalsa Harisa Ashura, Parlaungan Gabriel Siahaan, Novridah Reanti Purba, Agustina Verawati Simorangkir, Raditya Balqis, Desi Anggraini Saragi, Jernita Simatupang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.