Pengaruh Model Role Play Berbantuan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V pada Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungan di Sdn 2 Mangunreja

Siti Sopiah Kamilah(1),


(1) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model role play berbantuan media scrapbook terhadap hasil belajar IPS kelas V pada materi interaksi manusia dengan lingkungan di SDN 2 Mangunreja, kurangnya penerapan model pembelajaran yang inovatif serta kurangnya penggunaan media pembelajaran menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran IPS masih menggunakan model ceramah dan tanya jawab, hal tersebut menyebabkan beberapa siswa kurang fokus pada saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung dan membuat nilai hasil belajar beberapa siswa menjadi kurang dari KKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif eksperimen, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas V SDN 2 Mangunreja, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa. Pada kelas eskperimen berjumlah 14 siswa, sedangkan untuk kelas kontrol berjumlah 13 siswa. Tes yang digunakan adalah pretest dan posttest, dan data yang dianalisis menggunakan SPSS 24. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa uji t dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05, memperoleh hasil 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya yaitu model pembelajaran role play berbantuan media scrapbook berpengaruh terhadap hasil belajar IPS kelas V pada materi interaksi manusia dengan lingkungan di SDN 2 Mangunreja. Selain itu, pada nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan yaitu pada nilai rata-rata kelas eskperimen 40.00 dan kelas kontrol 42.31. Sedangkan pada nilai rata-rata posttest kelas eskperimen yaitu 84.29 dan kelas kontrol yaitu 75.38. dengan demikian adanya pengaruh yang positif antara kelas eksperimen yang menggunakan model role play berbantuan media scrapbook dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.


Keywords


Model Role Play, Media Scrapbook, Hasil Belajar IPS

References


Anwar, H, Basri, M, Guru, P, Dasar, S, & Keguruan, F. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role playing Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) Pada Murid Kelas V. 3.

Aqib, Zainal. (2013). Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif, Bandung: Yrama Widya.

Dewi, K, Yuliana R. (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD. Universitas Sultan Ageung Tirtayasa.

Eka Y, Inggrid B, Lintang P. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Role Playing Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPS. Tulungagung: STKIP PGRI.

Hamalik, Oemar. (2008). Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan, Bandung.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Yasir, M. (2017). Pengaruh Metode Dan Media Pembelajaran., 138–146.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 81 times
PDF Download : 51 times

DOI: 10.57235/jerumi.v1i2.1432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Sopiah Kamilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.