Pemanfaatan Media Permainan Monopoli Super Pintar (Monstar) Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif di Sekolah Dasar

Ismi Nurjanah(1), Patra Aghtiar Rakhman(2), Nana Hendra Cipta(3),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Corresponding Author

Abstract


Pada Usia Sekolah Dasar cenderung pada fase bermain, sehingga guru perlu menyediakan pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif. Salah satu cara agar pembelajaran menyenangkan adalah dengan menggunakan media permainan Monopoli. Penelitian dilakukan untuk melihat bagaimana pemanfaatan media permainan Monopoli Super Pintar sebagai media pembelajaran yang efektif di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menggunakan data sekunder untuk memperoleh data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Pemanfaatan media permainan Monopoli Super Pintar dapat menjadi media pembelajaran yang efektif di Sekolah Dasar dimana media ini menjadi media pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat diimplementasikan pada beberapa mata Pelajaran seperti IPS, IPA, Bahasa Indonesia, dan PPkn. Pemanfaatan media permainan Monopoli juga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam memahami konsep pada materi ajar, meningkatkan keterampilan berbicara dan literasi keuangan yang dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari peserta didik dan tentunya meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar.


Keywords


Permainan Monopoli, Media Pembelajaran

References


Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., Arifianto, T., Kamaruddin, I., Malahayati, E. N., & others. (n.d.). Media Pembelajaran. Get Press. https://books.google.co.id/books?id=UsxuEAAAQBAJ

Ansori, Y. Z., Saputra, D. S., & Yunarti, S. (2019). Media Monopoli Menciptakan Suasana yang Menyenangkan pada Pembelajaran IPS. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP Universitas Majalengka, 764–770.

Benedicta Dwi Adventyana1, Dina Amaria Sembiring, Tin Rustini3, Y. W. (2023). Pengembangan Media Permainan (Monopoli) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 1349–1358.

Cahyani, R. N., Yulianan, A. N. F., & Setyaningrum, F. (2022). Implementasi permainan monopoli untuk meningkatkan literasi keuangan anak pada SD negeri tawun 2 Kasreman. Senassdra, 1, 786–792.

Desyawati, K., Goreti, M., Kristiantari, R., Agung, G., & Negara, O. (2021). Media Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 168–174. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index

Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114–131. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.114-131

Fajriyah, S. (2023). Ibtidaiyyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Sains ( Mosa Game ) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Perpindahan Kalor Kelas V Min 1 Jombang. 2(1), 63–81.

Gumilang, J. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd Negeri 1 Gondang. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1112

Ikha Listyarini, D. O. S. A. S. (2018). Pengembangan Media Moonstar (Monopoli Super Pintar) Pada Mata Pelajaran Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 13(2), 46–51. https://doi.org/10.33061/ww.v13i2.2260

Kadek, N., & Kartika, D. (2021). Media Permainan Monopoli Pada Muatan PPKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 79–75. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index

May Sela, H., Oktavia, M., & Ayurachmawati, P. (2023). Pengembangan Media Permainan Monopoli pada Pembelajaran IPS Materi Kebudayaan Indonesia Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 507–519. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.1026

Maysi. (2022). Pengembangan Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara.

Ramadhani, Alfauziah, Ariyanto, A, dkk. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Media Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 10(1), https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1415

Syahruddin Mahmud. M. Ed., P. D. (2023). Media Pembelajaran. LovRinz Publishing. https://books.google.co.id/books?id=-O7LEAAAQBAJto,

Umayah, R., & Harmanto. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis PAIKEM dalam Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKN di Kelas VII SMP Negeri 1 Jabon. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2), 1023–1037.

Wenitasari, Hajani, T, J, & Firduansyah, D. (2022). Pengembangan Media Monopoli Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 25 Lubuklinggau. LP3MKIL YLIP (yayasan Linggau Inda Pena) South Sumatera, Indonesia Silampari Sains and Education. 1(1), 58-70.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 200 times
PDF Download : 128 times

DOI: 10.57235/jerumi.v1i2.1475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ismi Nurjanah, Patra Aghtiar Rakhman, Nana Hendra Cipta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.