Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Terhadap Keberlangsungan Buruh di Indonesia

Nikmah Dalimunthe(1), Ryan Irawan(2),


(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Corresponding Author

Abstract


Jurnal ini mengkaji dampak dari revolusi industry 4.0 yaitu berupa pemanfaatan inovasi kekuatan otak (kecerdasan berbasis komputer) buatan manusia di bidang industri di Indonesia. Inovasi intelijen buatan manusia dapat meningkatkan produktivitas di beberapa bidang kerja, namun juga dapat menggantikan beberapa posisi. Meskipun kecerdasan berbasis komputer membuka pintu-pintu baru, misalnya pergantian peristiwa dan dukungan terhadap inovasi-inovasi ini, penting juga untuk menyesuaikan kemampuan manusia untuk memanfaatkan pintu-pintu terbuka ini sebaik-baiknya dan mengurangi dampak pengangguran. Studi ini memberikan gambaran tentang berbagai bidang modern yang telah menerapkan inovasi kecerdasan berbasis komputer dalam penciptaan dan siklus fungsionalnya. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun penerimaan inovasi intelijen berbasis komputer meningkatkan produktivitas, terdapat perubahan penting dalam permintaan keahlian bagi angkatan kerja. Posisi-posisi rutin akan lebih sering tergantikan, sementara pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan daya cipta, kemampuan ilmiah, dan komunikasi antarmanusia akan lebih sering berkembang. Dalam situasi unik ini, pentingnya pelatihan ulang tenaga kerja dan strategi yang membantu variasi terhadap inovasi baru merupakan isu utama dalam menjaga kelangsungan pekerjaan di Indonesia.


Keywords


Revolusi Indusri 4.0, Keberlangsungan Buruh

References


Advertorial, “Persaingan Robot dan Manusia Sebagai Karyawan” https://www.pikiran rakyat.com/advertorial/pr-01290958/persaingan-robot-dan-manusia-sebagai-karyawan 416082 diakses pada 15 Desember 2023.

Aqsa Aghiffari, “Buruh Indonesia dan Tantangan Revolusi Industri 4.0 http://majalahsedane.org/buruh-indonesia-dan-tantangan-revolusi-industri-4-0/ diakses pada 15 Desember 2023.

Fajar, Mukti & Yulianto Achmad. (2017). Dualisme Penelitian Hukum Normatif dan Empiris. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Hamdan. (2018). “Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi”. Jurnal Nusamba. Vol. 3 (No.2).

Manulang, Sendjun. (2001). Pokok-pokok Hukum Ketenagakerjaan Indonesia. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Prasetyo, Hoedi & Wahyudi Sutopo. (2018). ”Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset”. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, Vol. 13 (No. 1).

Suwarto. (2003). Undang-Undang Ketenagakerjaan Indonesia: Buku Panduan. Kantor Perburuhan Internasional, Jakarta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 70 times
PDF Download : 71 times

DOI: 10.57235/jleb.v2i1.1894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nikmah Dalimunthe, Ryan Irawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.