Analisis Dampak Globalisasi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Negeri Medan

Cindi Mutiara Sari(1), Nasrullah Hidayat(2), Sena Samosir(3), Tengku Indah Syahfitri(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak globalisasi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Negeri Medan. Globalisasi telah membawa perubahan signifikan dalam perilaku konsumsi individu, terutama di kalangan mahasiswa yang merupakan bagian dari generasi muda yang dinamis dan mudah terpengaruh oleh tren global, menjadikan subjek relevan untuk dikaji dalam penelitian ini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada 53 mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa globalisasi, melalui kemajuan teknologi informasi, mendorong perilaku konsumtif mahasiswa. Tren seperti “FOMO” (Fear of Missing Out) dan fast fashion mempengaruhi mahasiswa untuk mengikuti tren terbaru dan membeli produk baru. Selain itu, gaya hidup yang dipengaruhi oleh media massa dan budaya populer juga berkontribusi pada pola konsumsi yang berlebihan. Untuk mengurangi perilaku konsumtif, diperlukan kesadaran individu untuk mendahulukan kepentingan daripada keinginan, dengan meningkatkan literasi keuangan, promosi budaya lokal, dan pengembangan inovasi lokal. Strategi ini diharapkan dapat membantu mahasiswa mempertahankan identitas budaya sekaligus beradaptasi dengan arus globalisasi.


Keywords


Globalisasi, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa

References


Kurniawan, A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, H. U. (2008). Perilaku Konsumtif pada Remaja. Yogyakarta: Penerbit Salma.

Tim Penyusun Kamus. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Susanto, A.B. (2001). Kuliah Gaya Hidup dan Konsumsi. Depok: Penerbit Griya Ilmu.

Putri, S. M. S. S. (2024). Perilaku Konsumen Masa Kini: Tren Konsumtif Di Era Pasar Global. Konferensi Nasional Ekonomi, Bisnis dan Studi Islam, 1(1).

Wardani, K., & Nurfaizah, I. (2022). Tren Makanan sebagai Dampak Globalisasi terhadap Pertukaran Budaya. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3, 445-448.

Hakim, AL, & Rusadi, EY (2022). Kritik Globalisasi: Fenomena Fast Fashion Sebagai Budaya Konsumerisme Pada Kalangan Pemuda Kota Surabaya. AL MA'ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya , 4 (2), 59-67.

Link Angket (https://forms.gle/QJtXxuajKbYaSDJh6)

MANDASARI, N. (2020). Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Pada Mahasiswa Universitas Teuku Umar Di Aceh Barat (Doctoral Dissertation, Universitas Teuku Umar).

Astutia, R. F. (2022). Analisis perilaku konsumsi melalui gaya hidup pada usia remaja. Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 10.

Bekti, P. S. (2019). Pengaruh Globalisasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Ketimpangan Pendapatan Di Asean. Jurnal Ilmiah, 16.

Cahyarani, N. M. (2023). Globalisasi Membuat Budaya Konsumerisme Memberikan Berbagai Dampak Pada Masyarakat Dalam Persepktif Jean Baudrillard. 11.

Fatmawati, D. A. (2022). Gaya Hidup Konsumtif Sebagai Dampak Adanya Online Shop Di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2021. Jurnal Paradigma: Journal of Sociology Research and Education, 6.

Khabiba, C. D. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Teman Sebaya, Dan Financial Literacy terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017. 205.

Mujahidah, A. N. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif dan Penanganannya (Studi Kasus Pada Satu Peserta Didik di SMK Negeri 8 Makassar). 203.

Nuriyanto, M. Z. (2019). Analisis Pola Konsumsi Dan Gaya Hidup Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Jember Angkatan 2018. Majalah Pembelajaran Geografi, 13.

Partadisastra, A. M. (2022). Dampak Globalisasi Informasi Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa Jakarta. MUTAKALLIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi, 8.

Putri, S. M. (2024). Perilaku Konsumen Masa Kini: Tren Konsumtif Di Era Pasar Global. Konferensi Nasional Ekonomi, Bisnis dan Studi Islam, 12.

Saputri, Y. W. (2024). Dampak Globalisasi Terhadap Perubahan Gaya Hidup di Indonesia. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya dan Pendidikan, 208-217.

Sari, S. N. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM Negeri Sultan Syarif Kasim Riau), 125.

Suprijanto, A. (2011). Dampak Globalisasi Ekonomi Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah CIVIS, 20.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 64 times
PDF Download : 39 times

DOI: 10.57235/jleb.v2i2.2714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cindi Mutiara Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.