Pengaruh Sistem Transaksi Keuangan Brilink Terhadap Kepuasan Pelanggan

Novita Hatuluayo(1),


(1) Universitas Pattimura
Corresponding Author

Abstract


Agen BRILink merupakan salah satu inovasi layanan Bank BRI, dimana Bank BRI menjalani kerja sama dengan nasabah dalam bentuk kemitraan. Masalah dalam Penelitian ini yaitu apakah sistem transaksi keuangan brilink berpegaruh terhadap kepuasan pelanggan di negeri liang. Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk menginvestigasi dan menganalisis pengaruh sistem transaksi keuangan BRILink terhadap kepuasan pelanggan, khususnya berdasarkan pada dimensi pengaruh BRILink yang terdiri dari variabel- variabel: manfaat, kenyamanan, dan keamanan terhadap kepuasan pelanggan pada agen BRILink negeri liang. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan menggunakan metode explanatory research (penelitian penjelasan). Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Sampel pada penelitian ini adalah 50 pelanggan pada agen BRILink dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian dengan regresi linier berganda secara statistik sistem transaksi keuangan BRILink yang terdiri dari tiga dimensi sistem transaksi keuangan yaitu manfaat, kenyamanan, dan keamanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada agen BRILink negeri liang kecamatan salahutu kabupaten Maluku tengah.


Keywords


Transaksi BRILink, Kepuasan Pelanggan

References


Amita, N. L. (n.d.). pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko. 1-15.

Anastasia, T. I. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Manfaat, Persepsi Harga, Resiko, Terhadap Minat Beli Pada Situs Belanja Online (studi empiris pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). 1-13.

Elok Irianing Tyas, E. S. (2017). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, PeStudi Empiris Pada Karyawan Bagian Akuntansi dan Keuangan Bautul Maal Wa Tamwil Wilayah Derah Istimewa Yogyakarta dan sekrceived Enjoyment, dan Actual Usage Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi. 1, 25-35.

Ilham Agustian, H. E. (2019, Juni). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Peningkatan. Professional FIS UNIVED Vol.6 No.1 Juni 2019, 6, 42-60.

Lailan Khairunnisa, B. M. (2021). Kepuasan Pelanggan ditinjau dari Kenyamanan, Keamanan dan Ketepatan Waktu. 193-198.

Mochamad Ridzwan1, I. P. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Bertransaksi (Studi Pada Agen BRILink BRI Unit Sidayu, Gresik). 57-67.

Maulana, I. (2021). Tinjauan Fiqh Muamala Terhadap Transansi Perbankan Di Agen Brilink Toko Berkah ( Studi Kasus Agen Brilink Toko Berkah Kedauang Ciputat).

Ramon Hurdawaty 1, A. A. (2018, juni). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Hotel Horison Bekasi. Jourism Scientific vol 3 no 2, juni 2018, 3, 142-162.

Rofiq, B. Y. (n.d.). Analisis Pengaruh Persepsi Kenyamanan, Manfaat, dan Kemudahan Terhadap Sikap Dalam Menggunakan Teknologi Mobilephone (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone di Kota Malang).

Salamony, I. W. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah ( Studi Pada UPC PT.Pegadaian Unit Tulehu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah).

Yolanda, A. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kenyamanan Dan Norma Subjektif Terhadap Minat Menggunakan Electronic Commerce. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Briwijaya.

Ahmad, B. S. (2014, April). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan,Keamanan dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Bengkin BRI). 8, 1- 11.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 663 times
PDF Download : 378 times

DOI: 10.57235/mantap.v1i1.1198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novita Hatuluayo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.