Pengaruh Intensitas Modal dan Komisaris Independen Terhadap Agresivitas Pajak

Alya Lutfia(1), Salsabila Salsabila(2), Sri Dwita Girsang(3), Elva Dewi Febriyani(4), Dwi Alditia Aryanda(5),


(1) Universitas Pamulang
(2) Universitas Pamulang
(3) Universitas Pamulang
(4) Universitas Pamulang
(5) Universitas Pamulang
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara intensitas modal dan komisaris independen dengan tingkat agresivitas pajak perusahaan. Agresivitas pajak merupakan strategi perusahaan dalam mengelola kewajiban pajaknya dengan cara yang cenderung meminimalkan pajak yang harus dibayarkan. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Intensitas modal mengacu pada sejauh mana perusahaan memanfaatkan struktur modalnya dalam rangka mempengaruhi kewajiban pajaknya. Sementara itu, peran komisaris independen dalam pengambilan keputusan perusahaan juga akan dianalisis untuk melihat dampaknya terhadap agresivitas pajak. Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana perusahaan di Indonesia memanfaatkan modalnya dan peran komisaris independen dalam mengelola pajak mereka. Hasil penelitian ini dapat memberikan panduan bagi perusahaan dan regulator dalam mengatur kebijakan pajak yang lebih efektif.


Keywords


Intensitas Modal, Komisaris Independen, Agresivitas Pajak

References


Ciesha Delvira Sari, Y. R. (2019). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Komisaris Independen terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Djohar, C., & Angelina. (2022). Pengaruh Managerial Ownership, Financial Distress dan CapitalIntensity Terhadap Tax Aggressivenes Pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Indonesian Journal of Management Studies (IJMS), 1.

Putu Riska Junensie, A. A. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Capital Intensity, Leverage, dan Komisaris Independen terhadap Agresivitas Pajak Penghasilan Wajib Pajak Badan pada Perusahaan Industri Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi), 67-77.

Rahayu, U., & Kartika, A. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Corporate Social Responsibility, Capital Intensity, Ukuran Perusahaan. Jurnal Maneksi, 10.

Suyanto, & Sofiyanti, U. O. (2022). Intensitas Modal, Profitabilitas, Agresivitas Pajak: Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Manajemen), 9 No 2.

Utomo, A. B., & Fitria, G. N. (2022). Ukuran Perusahaan Memoderasi Pengaruh Capital Intensity dan Profitabilitas Terhadap Agresivitas Pajak. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 10, 231 - 246.

Wijatmiko, W. L. (2021). Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Perdagangan Di Indonesia: Profitabilitas, Capital Intensity, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan. Jurnal Bina Akuntansi, 8 No 1, 84-108.

Yanti Nova Lita Simoraangkir, B. S. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Komisaris Independen terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 225-239.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 190 times
PDF Download : 96 times

DOI: 10.57235/mantap.v1i2.1450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alya Lutfia, Salsabila Salsabila, Sri Dwita Girsang, Elva Dewi Febriyani, Dwi Alditia Aryanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.