Analisis Dampak Pembayaran Non Tunai Terhadap Jumlah Uang Beredar dan Inflasi di Indonesia pada Masa Pandemi

Desi Syahrani(1), Selvi Indriani(2), Ambrosya Friera(3), Putri Sari Silaban(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembayaran non tunai terhadap jumlah uang yang beredar di Indonesia pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan juga data sekunder. Peneliti menggunakan data time series yang dirangkum menggunakan angka, sehingga diperlukan model matematis dan ekonomi yang dapat dilakukan dengan menggunakan software statistik untuk analisis data yaitu eviews 10. Data diatas mengacu pada jumlah uang beredar, sistem pembayaran non tunai dan inflasi. Analsisis data yang digunakan adalah regresi berganda sederhana yang dimana menggunakan uji t dan uji f. Dari hasil pengujian tersebut, peneliti mendapatkan hasil bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan pembayaran non tunai terhadap jumlah uang yang beredar dan inflasi di Indonesia.


Keywords


Non Tunai, Jumlah Uang Beredar, Inflasi

References


Fatmawati, Meilinda Nur Rasyida, and Indah Yuliana. 2019. “Pengaruh Transaksi Non Tunai Terhadap Jumlah Uang Beredar Di Indonesia Tahun 2015- 2018 Dengan Inflasi Sebagai Variabel Moderasi.” Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi 11(2): 269–83.

Lestari, Puji, and Rachma Indrarini. 2023. “Jurnal Mirai Management Pengaruh Sistem Pembayaran Non-Tunai Terhadap Permintaan Uang Di Indonesia.” Jurnal Mirai Management 8(2): 235–45.

Panjaitan, Christien. 2022. “Influence of the Non-Cash Payment System on the Money Supply in Indonesia.” Journal Magister Ilmu Ekonomi Universtas Palangka Raya : GROWTH 7(1): 62–79

Rahmadani, Shinta Ainur, Nurma Yunita, Aprika Wanti Pratama, and Maya Panorama. 2022. “Pengaruh Transaksi Non Tunai Terhadap Jumlah Uang Beredar Di Indonesia Dengan Inflasi Sebagai Variabel Moderate.” jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Dewantara 5(1): 27–38.

Ramadhani, Wahyuril, Ris Yuwono, and Yudo Nugroho. 2021. “Pengaruh Pembayaran Non Tunai Dan Tingkat Suku Bunga Kebijakan Terhadap Sistem Pembayaran Di Indonesia.”

Sari, Sepri Wulan. 2016. “Perkembangan Dan Pemikiran Uang Dari Masa Ke Masa.” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 3(1).

Solikin, and Suseno. 2002. 1 Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan UANG (Pengertian, Penciptaan, Dan Peranannya Dalam Perekonomian).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 60 times
PDF Download : 27 times

DOI: 10.57235/mantap.v2i1.1485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Desi Syahrani, Selvi Indriani, Ambrosya Friera, Putri Sari Silaban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.