Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Belanja Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi (Studi Kasus di Provinsi Jawa Timur Tahun 2017-2021)

Ambrosya Friera(1), Elisabeth Silaban(2), Wira Hadi Sugara(3), Eko Wahyu Nugrahadi(4), Muammar Rinaldi(5),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan ekonomi merupakan aspek yang menarik untuk dikaji karena merupakan salah satu parameter yang mengukur keberhasilan pembangunan suatu negara. Dengan mengkaji pertumbuhan ekonomi, pendapatan, dan belanja pemerintah di suatu wilayah, kita dapat memperbaiki kondisi perekonomian dan mengembangkan kebijakan yang lebih efektif di wilayah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak pendapatan primer daerah dan belanja pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi di provinsi Jawa Timur selama tahun 2017-2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini memberikan harapan bahwa pemerintah dapat meningkatkan pengelolaan potensi pendapatan primer daerah dan mengalokasikan belanja publik secara lebih akurat melalui kebijakan desentralisasi. Selain itu, perhatian khusus juga harus diberikan pada sektor perekonomian setiap kabupaten dan kota untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan.


Keywords


Pendapatan Asli Daerah, Belanja Pemerintah, Pertembuhan Ekonomi

References


Putra, P. G. M., & Ulupui, I. G. K. A. (2015). Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Untuk Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia. E-Jurnal Akuntansi, 11(3), 863–877.

Wahyudi. (2020). Pengeluaran Pemerintah dan Implikasinya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkat Kemiskinan di Indonesia. Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 103–113.

Alexander, Y. (2019). Pengaruh Komponen Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Investasi dan Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Produk Domestik Regional Bruto di Jawa Timur Periode 2010- 2017. Repository Ub.

Amal, A., Semmaila, B., & Zakaria, J. (2021). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal Dan Dana Perimbangan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Makassar. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(3),542–551.

Anggraeni, D. Ratih. (2020). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (Pad), Belanja Modal, Dana Perimbangan Dan Ukuran Pemerintah Daerah Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Pada Kab/Kota Di Provinsi Jawa Timur. Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China Pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com, 68(1), 1–12.

Anisa, B. C. (2020). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Daerah, Dana Perimbangan Dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur.

Hidayat, A. S., & Nalle, F. W. (2017). Analisis Pengaruh Belanja Pemerintah, Tenaga Kerja, Dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Regional Provinsi Jawa Timur Tahun 2010-2015. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 15(1), 71–86.


Full Text: Untitled

Article Metrics

Abstract View : 173 times
Untitled Download : 92 times

DOI: 10.57235/mantap.v2i1.1486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ambrosya Friera, Elisabeth Silaban, Wira Hadi Sugara, Eko Wahyu Nugrahadi, Muammar Rinaldi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.