Peran Kebijakan Moneter Dalam Mengendalikan Inflasi di Indonesia

Hannisa Novita Sari Sitorus(1), Rizki Samora(2), Fatimah Azzhara(3), Ferry Syahputra Sitorus(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kebijakan moneter dalam mengendalikan inflasi di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi literatur yang bersumber dari buku, jurnal serta literatur yang relevan. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Indonesia bertanggung jawab mengendalikan tingkat inflasi untuk menopang perekonomian. Kebijakan moneter melalui pengaturan suku bunga, pengendalian kredit, pemantauan Stabilitas keuangan, intervensi pasar valuta asing, serta pengaturan pasokan uang telah berhasil mengendalikan inflasi dan mencapai stabilitas harga yang lebih baik. Studi ini menunjukkan bahwa kebijakan moneter yang tepat dapat menurunkan inflasi, menjaga stabilitas perekonomian, dan meningkatkan daya beli masyarakat. Dan juga menyoroti pentingnya koordinasi antara Bank Indonesia dan pemerintah dalam menjaga tingkat inflasi dan neraca perdagangan.


Keywords


Kebijakan Moneter, Inflasi, Bank Central, Suku Bunga

References


Bank Indonesia. 2020. “Fungsi Utama Bank Sentral.”

Bayuni, EM, & Ascarya, I. (2010). Analisis Pengaruh Instrumen Moneter Terhadap Stabilitas Besaran Moneter Dalam Sistem Moneter Ganda Di Indonesia. Tinjauan Keuangan dan Bisnis Islam Tazkia , 5 (1).

Bayuni, Eva Misfah & Popon Srisusilawati. " Kontribusi Instrumen Moneter Syariah Terhadap Pengendalian Inflasi di Indonesia." Amwalina Vol. 2 No.1, 2018.

Dharma, Surya. "Analisis Peranan Tim Pemantau dan Pengendalian Inflasi Daerah di Provinsi Sumatera Utara." Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol. 03, No4.

Harahap, Fany Renaldy. Khairina Tambunan & Nurul Jannah. "Peranan Kebijakan Moneter Konvensional dan Islam Terhadap Pengendalian Inflasi di Indonesia." Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen Vol.2 No.2, 2022.

Insani, Fadhila. Ika Darma Yuni & Isnaini Harahap. "Kebijakan Moneter Dalam Mengendalikan Inflasi (Peran Bank Sentral)". Jurnal Mashqrif al-Syariah Vol.8 No.2. 2023

Khalwaty, Tajul. (2000). Inflasi dan Solusinya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Natsir, M. (2011). Analisis Empiris Efektivitas Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Di Indonesia Melalui Jalur Suku Bunga (Interest Rate Channel) Periode 1990: 2-2007: 1. Majalah Ekonomi Universitas Airlangga , 21 (2), 4102.

Nopirin, P. D. (2009). Monetary Economics.

Opriyanti, Reni & Regina Niken Wilantari. "Analisis Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal Dalam Mengatasi Inflasi di Indonesia". Media Trend 12 (2), 2017.

Wicaksana, A. A. F., & Sukmana, R. (2018). Inflasi Di Indonesia Pada Periode 2011-2015: Analisis Sertifikat Bank Indonesia, Sertifikat Bank Indonesia Syariah, Pasar Uang Antar Bank, Pasar Uang Antar Bank Syariah, Finance To Deposit Ratio Dan Loan To Deposit Ratio. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 5(12).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 424 times
PDF Download : 188 times

DOI: 10.57235/mantap.v2i1.1519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hannisa Novita Sari Sitorus, Rizki Samora, Fatimah Azzhara, Ferry Syahputra Sitorus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.