Pengaruh Penanaman Modal Asing, Perdagangan Internasional (Ekspor dan Impor) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Krisnawati Silaban(1), Salsabila Fayza(2), Khairani Matondang(3),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Penanaman modal asing (PMA) dan perdagangan internasional (ekspor dan impor) merupakan dua faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. PMA dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan produksi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan teknologi. Ekspor dapat meningkatkan pendapatan nasional, dan impor dapat meningkatkan jumlah barang dan jasa yang tersedia untuk memenuhi permintaan dalam negeri. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), PMA di Indonesia mengalami fluktuasi pada tahun 2018 hingga 2022. Nilai impor dan ekspor di Indonesia juga berfluktuasi pada tahun 2018 hingga 2022. Di tahun 2018-2020, nilai impor lebih besar dibandingkan nilai ekspor. Namun, pada tahun 2021-2022, ekspor melebihi impor. Pertumbuhan nilai ekspor yang relatif positif selama dua tahun terakhir merupakan salah satu bentuk pemulihan ekonomi global dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Secara keseluruhan, PMA dan perdagangan internasional memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. PMA dapat mendorong pertumbuhan ekonomi jangka panjang, sedangkan perdagangan internasional dapat mendorong pertumbuhan ekonomi jangka pendek.


Keywords


Penanaman Modal Asing, Perdagangan Internasional, Pertumbuhan Ekonomi

References


Hanifah, U. (2022). Pengaruh Ekspor Dan Impor Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Transekonomika, 107-126.

Herman Kambono, E. I. (2020). Pengaruh Investasi Asing dan Investasi Dalam Negeri Terhadap Pertmbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Akuntansi, 137-145.

Miranti Sedyaningrum, S. N. (2016). Pengaruh Jumlah Nilai Ekspor, Impor Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Nilai Tukar Dan Daya Beli Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis, 114-121.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 86 times
PDF Download : 49 times

DOI: 10.57235/mantap.v2i1.1596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Krisnawati Silaban, Salsabila Fayza, Khairani Matondang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.