Analisis Peran Komunikasi Bank Sentral Dalam Mempengaruhi Perilaku Pasar Keuangan

Desry Situngkir(1), Revitha Revitha(2), Ros Juliana Lubis(3), Syarifah Syarifah(4), Juan Charlos Sibarani(5),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Bank sentral adalah lembaga keuangan yang bertanggung jawab untuk mengelola pasokan uang suatu negara, mengendalikan suku bunga, dan menjaga stabilitas sistem keuangan.Bank sentral sering bertindak sebagai bankir bagi pemerintah, mengelola rekeningnya, menangani penerbitan utang, dan memfasilitasi transaksi. Lender of Last Resort adalah Bank sentral berfungsi sebagai lender of last resort selama krisis keuangan, memberikan dukungan keuangan kepada bank dan lembaga keuangan untuk mencegah keruntuhan sistemis.Tujian dari penulisan jurnal ini untuk menganalisis peran komunikasi bank sentral dalam mempengaruhi perilaku pasar keuangan di era globalisasi saat ini.Bank sentral memiliki peran penting dalam perekonomian suatu negara. Peran utama bank sentral dalam Mengendalikan jumlah uang yang beredar dan suku bunga untuk mencapai tujuan stabilitas harga dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.Komunikasi bank sentral dapat mempengaruhi ekspektasi pasar tentang kondisi ekonomi dan kebijakan yang akan datang. Hal ini dapat merangsang atau mertimen pasar, yang dapat mempengaruhi harga aset seperti saham dan obligasi.Di Asia, Bank Indonesia merupakan salah satu dari  bank sentral  yang sejak awal memelopori kajian stabilitas sistem keuangan  dengan didirikannya Kantor Stabilitas Sistemik keuangan.Saat ini, sebagian besar dari bank sentral dunia menganggap isu stabilitas sistem keuangan sebagai tema utama kebijakan ekonomi mereka.


Keywords


Bank Sentral, Pasar Keuangan

References


Dody Budi Waluyo. 2017. Jakarta. Tinjauan Ekonomi Moneter. Ekonomi

Handayani, Meutia, Talbani Farliani, Riski Fandika, Aceh -Banada Aceh, Fakultas Ekonomi, Dan Bisnis, Universitas Syiah, and Kuala -Banda Aceh. 2021. “Peran Bank Indonesia Dalam Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Di Tengah Pandemi Covid 19.” Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI) 5: 171–82.

Narulita, Sari, Dan Vetri, and Yanti Zainal. 2022. “Peran Financial Technology System Di Perbankan Indonesia Di Era Pandemi Covid 19.” Social Pedagogy: Journal of Social Science Education 3 (2). https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy.

Perry Warjiyo. 2004. Jakarta. Seri Kebanksentralan. ISBN: 979.3363-10-X

Risdiana Himmati. 2021. Ekonomi Moneter (Edisi Kedua). Graha ilmu

Schuldz. 2018. Peran Kebanksentralan. Jakarta. Ekonomi Sentral

Solikin, Perry Warjiyo. n.d. “Kebijakan Moneter Di Indonesia Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (Ppsk) Bank Indonesia.”

Syarif, A. 2014. Kebanksentralan. ISBN: 8645.783.45

Warjiyo Gubernur, Perry, Destry Damayanti, Dody Budi, Waluyo Deputi, Gubernur Doni, Primanto Joewono, Deputi Gubernur, and Aida S Budiman. n.d. “Dewan Gubernur.”

Warjiyo, Perry. n.d. “Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Di Indonesia Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.”


Full Text: Untitled

Article Metrics

Abstract View : 415 times
Untitled Download : 214 times

DOI: 10.57235/mantap.v2i1.1629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Desry Situngkir, Revitha Revitha, Ros Juliana Lubis, Syarifah Syarifah, Juan Charlos Sibarani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.