Sosialisasi Peningkatan Strategi Bisnis Berkelanjutan Melalui Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) pada UMKM Komunitas Kubelentera

Aditya Nabilah Putri(1), Alya Sabihisma(2), Juliana Juliana(3), Nur Laila Choiru Nisa'(4),


(1) Universitas Pamulang
(2) Universitas Pamulang
(3) Universitas Pamulang
(4) Universitas Pamulang
Corresponding Author

Abstract


Komunitas Kubelentera merupakan komunitas UMKM yang bergerak di bidang kuliner yaitu produk kembang goyang, komunitas ini juga mengembangkan produk kuliner yang inovatif seperti peyek kembang goyang.Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan sosialisasi tentang pentingnya peningkatan strategi bisnis berkelanjutan melalui penggunaan sistem informasi akuntansi (SIA) pada UMKM komunitas Kubelentera. SIA adalah suatu sistem yang mengintegrasikan data akuntansi dan informasi lainnya yang relevan untuk mendukung proses pengambilan keputusan bisnis. SIA dapat membantu UMKM dalam meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan transparansi operasional, serta memperkuat daya saing dan kinerja bisnis. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah penyuluhan, pelatihan, dan bimbingan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa UMKM komunitas Kubelentera memiliki minat dan antusiasme yang tinggi untuk menerapkan SIA dalam bisnis mereka. UMKM juga mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru tentang SIA, serta mendapatkan bantuan dalam mengimplementasikan SIA secara praktis. Pengabdian masyarakat ini memberikan kontribusi positif bagi pengembangan UMKM komunitas Kubelentera, khususnya dalam hal peningkatan strategi bisnis berkelanjutan.


Keywords


UMKM, Strategi Bisnis, Sistem Informasi Akuntansi, Laporan Keuangan, Akuntansi

References


Permana, S. (2017). Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI. Strategi Peningkatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia, 8(1), 93-103.

Sulistiyani, Pratama, A., & Setiyanto. (2020). Jurnal Pemasaran Kompetitif. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatkan Daya Saing Umkm, 3.

Usman. (2020). Laporan Pengabdian Pada Masyarakat. Sosialisasi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Di Masa Pandemik Covid-19.


Full Text: Untitled

Article Metrics

Abstract View : 43 times
Untitled Download : 28 times

DOI: 10.57235/mantap.v2i1.1659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aditya Nabilah Putri, Alya Sabihisma, Juliana Juliana, Nur Laila Choiru Nisa'

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.