Pengaruh Brand Image dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Produk Nivea

Aliyah Musdzalifah Ibrahim(1), Sudarwati Sudarwati(2), Siti Maryam(3),


(1) Universitas Islam Batik Surakarta
(2) Universitas Islam Batik Surakarta
(3) Universitas Islam Batik Surakarta
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand image dan persepsi harga terhadap loyalitas konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening produk nivea. Banyak faktor yang yang mempengaruhi loyalitas konsumen nivea, akan tetapi penulis membatasi masalah kedalam kedua variabel yaitu brand image dan persepsi harga melalui keputusan pembelian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner ke mahasiswa universitas islam batik Surakarta. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah meliputi Uji Statistik Deskriptif, Uji Model Pengukuran atau Outer Model meliputi Convergent Validity, Discriminant Validity dan Reliability, Uji Model Struktural atau Inner Model meliputi R-Square, F-Square dan Estimate For Path Coefficients, Uji Hipotesis, Uji Mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand image dan persepsi harga baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yakni loyalitas konsumen melalui keputusan pembelian. Dalam penelitian ini Adjusted R Square yang dihasilkan adalah Y 0,663 atau sebesar 66,3% dan Z 0,693 atau sebesar 69,3%


Keywords


Brand Image, Persepsi Harga, Loyalitas Konsumen dan Persepsi Harga

References


Astuti, Wiji. 2002. “Pengaruh Product Quality, Brand Image Dan Price Terhadap Customer Loyalty Dengan Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Hand And Body Lotion Merek Citra.”

Aurellia, Diva, and Helena Sidharta. 2023. “Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Skincare Lokal.” Performa Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 8(1): 2023.

Nauly, Chelsea, and Saryadi Saryadi. 2021. “Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada J.Co Donuts & Coffee Java Supermall Kota Semarang).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 10(2): 974–83.

Ningsih, Tika Wulan, Pristiyono, and Aulia Indra. 2023. “Dampak Inovasi Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Brand Body Lation Vaseline Di Kabupaten Labuhanbatu.” Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer 7(3): 1315–25. https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/remik/article/view/12637.

Nugroho, Muhammad Awal Satrio, Selamat Riauwanto, and Rizky Yuniawan. 2023. “Muhammad Awal Satrio Nugroho Selamat Riauwanto Rizky Yuniawan Pengaruh E-Service Quality, Persepsi Harga, Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam E-Commerce Shopee Di Masa Pandemi.” Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha 3(1): 314–37.

Nurilita Fatma Pradani, Sudarwati, And Rochmi Widayanti. 2020. “Analisis Brand Image.” 18(1): 64–72.

Pratama, galih hilmy, and rokh eddy Prabowo. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 11(2): 247–56.

Pratama, Mawan Januar, and Nuruni Ika Kusuma W. 2022. “Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone Di Wilayah Gubeng Surabaya.” J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) 7(2): 417.

Ramanta, T H, J D D Massie, and D Soepeno. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Produk Mebel Di CV. Karunia Meubel Tuminting.” Jurnal EMBA 9(1): 1018–27. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/32670.

Rangian, Marlina Christiani, Rudy Steven Wenas, and Debry Ch. A Lintong. 2022. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Ms Glow Skincare Di Kota Tomohon.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 10(3): 284.

Sari, Junita Anggita, Henny Welsa, And Nonik Kusuma Ningrum. 2022. “Pengaruh Sikap Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi.” Jurnal Ilmiah Poli Bisnis 14(1): 51–60.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 46 times
PDF Download : 12 times

DOI: 10.57235/motekar.v2i1.2185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aliyah Musdzalifah Ibrahim, Sudarwati Sudarwati, Siti Maryam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.