Perekonomian Masyarakat pada Kawasan Sekitar Objek Wisata

Andini Rohadatul Aisy(1), Ujang Jamaludin(2), Hudjolly Hudjolly(3),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Corresponding Author

Abstract


Adanya pariwisata dapat mendorong roda perekonomian pada masyarakat. Wisata Pulau Merak Kecil merupakan wisata yang dikelola langsung oleh masyarakat sekitar objek wisata, hal yang dilakukan masyarakat dalam perputaran ekonomi yakni dengan membangun warung-warung sederhana di dalam Pulau Merak Kecil serta mengelola sarana seperti penyewaan tenda champing dan perahu penyebrangan. Oleh sebab itu, penulis berupaya melakukan penelitian mengenai perekonomian masyarakat pada kawasan sekitar objek wisata pulau merak kecil terhadap para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi desktiptif field research atau penelitian lapangan dengan informan masyarakat pelaku UMKM, pengelola wisata, dan dinas kepemudaan, olahraga, dan pariwisata Kota Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami siklus ekonomi yang dialami oleh masyarakat lokal yang menjadi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tempat Wisata Pulau Merak Kecil. Selain itu, tujuannya adalah untuk mengevaluasi peran serta Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kota Cilegon dalam pengembangan Wisata Pulau Merak Kecil.


Keywords


Perekonomian, Masyarakat Pelaku UMKM

References


Armenia Setiawan, D. I. F. A, Jamaludin U, Juwandi R, (2024). Partisipasi Masyarakat Baduy Luar Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal (Doctoral Dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Djam’an Satori, Aan Komariah (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Hendra Safri (2018), Pengantar Ilmu Ekonomi. Kota Palopo : Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo

Irhamna, S. A. (2017). Dampak pengembangan pariwisata terhadap perekonomian masyarakat sekitar objek wisata di Dieng Kabupaten Wonosobo. Economics Development Analysis Journal, 6(3), 320-327.

M. Farhan hari Hudiawan (2020), Kesejahteraan Masyarakt Dalam Tinjauan Maqashid Syariah (Studi Kasus di Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang).

Melinda Eka Putri (2020), Peran Sektor Pariwisata Terhadap Pendapatan AsliI Daerah (Studi Kasus Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Selatan).

Mufti Ali (2016), Sejarah Cilegon Riwayat Kota Baja Di ujung Barat Pulau Jawa (Cilegon: DISPARBUD Cilegon)

Muhammad Hasan, Muhammad Azis (2018). Pembangunan Ekonomi & Pemberdayaan Masyarakat. Malang : CV. Nur Lina

Permatasari, Y., Jamaludin, U., & Nida, Q. (2022). Pengaruh Implementasi Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis MIkro Terhadap Partisipasi Masyarakat. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1-14.

Rahayu, F., Amanti, N. P., Utami, T., & Asdhar, A. M. (2023). Studi Kelayakan Pengembangan Potensi Wisata Di Pulau Merak Kecil. Jurnal Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 1(3), 35-50.

Republik Indonesia, (2008), Undang-undang RI nomor 20 tahun 2008, tentang usaha mikro, kecil, dan menengah

Republik Indonesia. (2009), Undang-undang RI nomor 10 tahun 2009, tentang kepariwisataan

Rully Indrawan (2017), Metodologi Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung : Refika Aditama

Sattar (2018), Buku Ajar Perekonomian Indonesia. Yogyakarta : Deepublish.

Sutrisno Asyafiq (2019). Strategi Pertumbuhan dan Pengembangan Ekonomi di Era Global Berbasis Pendidikan Ekonomi Kewarganegaraan.

Yulianti, Dini (2020) Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pada Masyarakat Pelaku Usaha di Sekitar Objek Wisata Pantai Tanjung Setia, Pekon Tanjung Setia Kec. Pesisir Selatan Kab. Pesisir Barat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 27 times
PDF Download : 9 times

DOI: 10.57235/motekar.v2i1.2306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andini Rohadatul Aisy, Ujang Jamaludin, Hudjolly Hudjolly

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.