Inovasi Strategi Pengembangan Motif Batik Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen Mancanegara (pada Batik Manggur Desa Triwung Kidul – Kademangan – Probolinggo)

Jamilatin Sika Karimah(1), Nun Tupa(2), Lailatul Azizah(3),


(1) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
(2) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
(3) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
Corresponding Author

Abstract


Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia dengan mengaplikasikan lilin panas pada kain, sehingga menghasilkan pola atau gambar yang unik. Batik sebagai warisan budaya dan seni tradisional Indonesia, telah menjadi produk yang semakin populer di pasar internasional. Maka penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana variabel strategi peningkatan minat beli konsumen mancanegara di batik manggur Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara , observasi, dan dokumentasi, . Artikel ini menganalisis faktor-faktor yang membuat batik begitu menarik bagi pembeli mancanegara, termasuk aspek estetika, nilai budaya, dan dampak sosial yang terkait..Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa batik bukan hanya produk tekstil biasa, tetapi juga merupakan bentuk seni yang memancarkan keindahan dan kearifan lokal. Pembeli mancanegara sering melihat batik sebagai ekspresi budaya yang unik, dan banyak dari mereka membelinya sebagai barang koleksi atau hadiah khas dari Indonesia.


Keywords


Strategi, Minat Beli, Mancanegara

References


Anandi Santosa 2019 Pengaruh Desain Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Citra Merek Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Batik Original (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang)

Argrian 2017 Analisis Diskriptif Strategi Promosi Sport Station Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Galeriamall Yogyakarta

Buchari Alma, 2018, Pemasaran Strategic Jasa Pendidikan, (Bandung: Alfabeta).

Firman Abidin (sekretaris batik manggur), wawancara; (selasa, 08 november 2023 19.30).

Goorge Argteiner dan Jhon B Miner, 1997, Kebijakan dan strategi Manajemen (Erlangga).

Hafied Cangara, Perencanaan dan Strategi Komunikasi , (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).

Herdiana Alamsyah 2017 country of origin dan citra merek: upaya meningkatkan minat beli konsumen

Herdiana, Tri, and Doni Purnama Alamsyah. "Country of origin dan citra merek: Upaya meningkatkan minat beli konsumen." Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen 1.1 (2017): 31-40

Kotler dan keller, 2008, Manajemen Pemasaran,(Jakarta: Erlangga).

Nurmutia Firmansyah 2018 Pengaruh Faktor-Faktor Manajemen Hubungan Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Pt.Primarindo Asia Infrastructure, Tbk.

Onong Uchjana Effendy, 2000, Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi (Bandung: Citra Aditya Bakti).

Pasal 3 Ayat 1, 2016, Peraturan Menteri Perindustrian No. 6/M-IND/PER/7

Porter, M., E, 1980. Competitive Strategi – Techniques For Analzying Industri and Competitors. The Free Press. (Placeholder1) (meningkatkan minat beli kosumen, 2015)

Sami 2017 Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen (Penelitian Terhadap Pemilik Toko Emas Mulia Indah Di Kota Takengon)

Sugioni, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Bandung: Alfabeta, CV).

Wibowo, D. H., Arifin. Syaifuddin. T.,& Wulan, H. S. (2017). Analisis Strategi Pemasaran UntukMeningkatkamDaya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1) 59-66.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 40 times
PDF Download : 10 times

DOI: 10.57235/motekar.v2i1.2333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jamilatin Sika Karimah, Nun Tupa, Lailatul Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.