Pengembangan Media Sosial Instagram Labor Prodi BK Dalam Mengoptimalkan Layanan Cyber Counseling

Ilham Al Hajri(1), Mahdum Mahdum(2), Khairiyah Khadijah(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Kurangnya layanan cyber counseling dari Laboratorium bimbingan dan konseling yang merupakan sebuah fasilitas bagi mahasiswa bimbingan dan konseling dalam menambah pengetahuan dan pengalaman untuk melakukan layanan cyber counseling. Salah satu contoh pengembangan layanan cyber counseling melalui sosial media. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, maka dirumuskan yaitu mendeskripsikan Pengembangan media sosial instagram laboratorium bimbingan dan konseling dalam mengoptimalkan layanan cyber counseling. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model Borg and Gall.  Hasil dari media sosial instagram yang dikembangkan memiliki persentase skor ahli materi sebesar 75%, skor ahli bahasa 85%, sedangkan persentase skor ahli media sebesar 92%. Berdasarkan persentase tersebut, media sosial instagram Labor BK termasuk kategori layak untuk dalam mengoptimalkan layanan cyber counseling.


Keywords


Cyber Counseling, Instagram, Laboratorium BK

References


Fadhilah, M. F., Alkindi, D., & Muhid, A. (2021). Cyber Counseling sebagai metode meningkatkan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah: Literature Review. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1), 86-94.

Feroza, C. S. B., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun@ Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32-41.

Arsyad, A. 2019. Media Pembelajaran, revisi

Azizah, A. Neviyarni, Mudhiran, Nirwana, H. 2022. ‘Konseling Berbasis Digital, Tren Dalam Layanan Bimbingan Konseling: Literatur Review’, Jurnal Inovasi Pendidikan, volume 3

Elfi Rimayati. 2023. Cyber Counseling : Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Digital.

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.

Sugiyono. 2019. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19.

Batubara, H. H. 2021. Media Pembelajaran Digital

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran Matematika video interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59-74.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158-166.

Sulistiani, H., Putra, A. D., Rahmanto, Y., Fahrizqi, E. B., & Setiawansyah, S. (2021). Pendampingan dan pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dan Video Editing di SMKN 7 Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 160-166.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094.

Setyoningtyas, K. Y., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Instruksional Interaktif Pada Mata Pelajaran Ekonomi. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1521-1533.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 60 times
PDF Download : 43 times

DOI: 10.57235/sakola.v1i2.3509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ilham Al Hajri, Mahdum Mahdum, Khairiyah Khadijah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.