Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall di Kelas X SMA Negeri 13 Medan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Nurqowwiyani Zulnun Sitorus(1), Sapta Kesuma(2), Yusnita Muslim(3),


(1) Universitas Islam Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Sumatera Utara
(3) SMA Negeri 13 Medan
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengkaji efektivitas pemanfaatan media pembelajaran Wordwall di Kelas X untuk meningkatkan motivasi siswa dalam Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 13 Medan. Masalah penelitian berfokus pada peningkatan motivasi siswa melalui kegiatan interaktif dan alat bantu visual yang disediakan oleh Wordwall. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 36 siswa di Kelas X2. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Kegiatan observasi kolaboratif dilakukan dengan guru mata pelajaran untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Wordwall merupakan metode yang menjanjikan untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Dengan mengoptimalkan dampak Wordwall melalui alat bantu visual, aktivitas interaktif, dan pengembangan profesional, guru dapat meningkatkan motivasi siswa secara efektif. Penelitian ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pengajaran dan manajemen kelas untuk meningkatkan motivasi siswa dalam Pendidikan Kewarganegaraan.


Keywords


Wordwall, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References


Fadhillah, N. &. (2021). Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Bagi Masa Depan Bangsa. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 1(1):15-22.

Farhaniah, S. (2021). Penerapan Media Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 127 Kota Jambi. Jambi: UIN Sulthan Thaha Syaifuddin.

Hafsah, A. S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar PKn pada Materi Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia Kelas VII MTs. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , Vol. 11 No. 1 hal. 51-56.

Ichsani, A. R. (2023). Implementasi Media Wordwall Dan Partisipasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran PKn. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2023, (pp. 6-12). Samarinda.

Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–116.

Purnamasari, S. R. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, no. 1: 70-77.

Salsabila, A. M. (2023). Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 42–51.

Siti Faizatun Nissa, N. R. (2021 ). Penggunaan Media Pembelajran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3 Nomor 5 Halm 2854 - 2860.

Vanessa Marensi, S. A. (2022). History Learning Based On Wordwall Applications To Improve Student Learning Results Class X Ips In Ma As'adiyah Ketapang. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) , No 2 hal.408.

Yunisca Nurmalisa, A. M. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Civic Conscience. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn, Volume 07, No. 1, pp. 34-46.

Zahro, N. Q. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, Vol 2 No 2.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 42 times
PDF Download : 18 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurqowwiyani Zulnun Sitorus, Sapta Kesuma, Yusnita Muslim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.