Analisis Keandalan Sistem Informasi Losi (Lost Item) oleh Unit Aviation Security pada Penanganan Barang Tertinggal di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Putri Hasna Kamila(1), Dhiani Dyahjatmayanti(2),


(1) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
(2) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


Bandar Udara mempunyai sarana dan prasarana dalam menunjang berbagai kegiatan kebandarudaraan pada setiap Bandar Udara yang ada di Indonesia. Bukan hanya penumpang yang memerlukan fasilitas dan penanganan yang baik, tetapi juga penanganan barang mereka. salah satunya yaitu petugas Aviation Security (AVSEC) menangani barang tertinggal (Lost Item) yang ditemukan di area sisi darat (Landside) Bandar Udara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sistem informasi Lost Item (LOSI) efektif atau tidak dalam penanganan barang penumpang yang tertinggal atau tercecer, seberapa besar efektifitas sistem informasi aplikasi Lost Item (LOSI), dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi. Penelitian ini adalah deskriptif menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang didapatkan berupa hasil wawancara kepada petugas Avsec di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang serta dokumen yang digunakan untuk melakukan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk prosedur pelayanan Lost Item (LOSI) adalah tanggung jawab Aviation Security dan Costumer Service terhadap pemilik barang yang tertinggal atau tercecer. Kendala yang dihadapi dalam prosedur Lost Item (LOSI) seperti keterbatasan sistem, kesulitan identifikasi, waktu respon, koordinasi antar departemen, tingkat kesadaran masyarakat, penumpang yang belum paham tentang teknologi Lost Item (LOSI) yang dimana memperlukan peningkatan sistem informasi, peningkatan koordinasi antar departemen, peningkatan layanan pelanggan dan pengomptimalan proses penanganan.


Keywords


Lost Item, Aviation Secruity, Sistem Informasi

References


Adham, Z. (2022) Analisis Peralatan Pendukung Dan Kendala Yang Dihadapi Unit Aviation Security (Avsec) Dalam Menjamin Keamanan Dan Keselamatan Penerbangan Di Bandar Udara Wamena Papua. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Alwi, B. (2020) Peran Petugas Aviation Security Dalam Implementasi Pengoptimalan Prinsip Keselamatan, Keamanan, Pelayanan Dan Ketaatan Di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Angkasa Pura II. (2012). Buku Statistik Pergerakan Penumpang Tahun 2012.

Annex 14 (2004) to the Convention on International Civil Aviation. Volume I- 239

Aerodrome Design and Operations Bandung: CV. Alfabeta

Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. (2023). Diakses dari https://smbadaruddin2-airport.co.id

Bate'e, M. M. (2021). Analisis Sistem informasi Manajemen dalam Penanganan Gangguan Keamanan Bandara. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(2), 1034-1044.

Damayanti, R. A. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Sistem Losi Terhadap Efektifitas Pelaporan Barang Hilang Di Bandar Udara Internasional Halim Perdana Kusuma (Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta)

Dian, T. R. G. (2019). Angkasa Pura II Terapkan Prosedur Baru, Penanganan Barang Tertinggal di Bandara. Retrieved from Info Publik

:http://infopublik.id/kategori/nasional-ekonomi-bisnis/371629/angkasa- pura-ii-terapkan-prosedur-baru-penanganan-barang-tertingal-di-bandara Edition. International Air Transport Assosiation (IATA), Principles

Habriadi, R. (2020). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kinerja Pada Petugas Aviation Security (Avsec) Bandar Udara Andi Jemma Masamba Kabupaten Luwu Utara. Skripsi Universitas Muhammadiyah Palopo.

Handayani, R. N. (2021). Prosedur Pelayanan Unit Customer Service dalam Penanganan Kasus Lost and Found Item di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta pada Masa Pandemi (Tugas Akhir D3 PARIWISATA)

https://rm.id/baca-berita/ekonomi-bisnis/17531/barang-hilang-atau-tertinggal-di- bandara-ap-ii-jangan-khawatir

https://www.angkasapura2.co.id/id/news/event/pers/345-ada-prosedur-baru- penanganan-barang-tertinggal-di-bandara-ap-ii-lebih-pasti-dan-cepat

ICAO Annex 14 Volume 1, 2009, Aerodrome Design And Operations, Fifth

Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara No. SKEP/40/II/1995 tentang petunjuk pelaksanaan keputusan Menteri Perhubungan No. KM 14 Tahun 1989 tentang penertiban penumpang, barang, dan kargo.

Khairul, Petrizia (2022) Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance (Gcg) Pada Pt. Angkasa Pura Ii (Studi Pada Bandara Kualanamu Medan). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Mahestu, S. (2020) Penerapan Standar Operasional Prosedur (Sop) Penanganan Penumpang Oleh Petugas Avsec Di Bandar Udara Notohadinegorojember Jawa Timur. Tugas Akhir Thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. of Aircraft DepartureCoordination. Penerbangan Wirangsane

Peraturan Direksi PT Angkasa Pura II (Persero) Nomor: PD.12.00/08/2019 tentang Sistem Manajemen penanganan Barang Hilang atau Tertinggal (Lost Item) di Bandar Udara PT Angkasa Pura II (Persero)

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : SKEP/2765/XII/2010 Bab 1 butir 9, Aviation Security (AVSEC)

Peraturan direktur jenderal perhubungan udara Nomor: SKEP/2765/XII/2010 tentang tata cara pemeriksaan keamanan penumpang, personel pesawat udara dan barang bawaan. PT. Angkasa Pura II: Jakarta Remaja Rosdakarya.

Putra, T. B. B. (2019) Komunikasi Petugas Aviation Security Dalam Memberikan Pelayanan Pemeriksaan Barang Bawaan Penumpang Di Bandar Udara Adisumarmo Solo. Tugas Akhir Thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Sandhiprasta, I. P. R., Astuti, L. G., & Mogi, I. K. A. (2022). Redesain Aplikasi Pelaporan Barang Hilang Di Bandara (Lost & Found Mobile) Pada Pt. Jasa Angkasa Semesta. Jurnal Pengabdian Informatika, 1(1), 119-124.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan

Wirangsane, A., & Widodo, E. (2018). Decisien Rules pada Data On Time Performance Garuda Indonesia Menggunakan If-Than Rules dalam Metode Rough Set Theory. Tugas Akhir. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Yunika, F., & Astutik, S. P. (2023). Analisis Proses Kerja Staff Aviation Security (AVSEC) Dalam Penanganan Bagasi untuk Menunjangan Keamanan dan Keselamatan Penerbangan di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya. El- Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(1), 290-305


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 34 times
PDF Download : 11 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Putri Hasna Kamila, Dhiani Dyahjatmayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.