Analisis Kecanduan Game Online Tingkat Remaja

Hanifa Raihan(1), Tri Rizky(2), Riwayati Pakpahan(3), Apri Banjanahor(4), Glory Silalahi(5), Dina Luthfiyyah(6), Miswanto Miswanto(7),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
(6) Universitas Negeri Medan
(7) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Game online merupakan permainan yang dapat dimainkan oleh banyak orang secara bersamaan yang cara bermainnya harus menggunakan akses jaringan melalui internet. Kecanduan game online disebabkan oleh salah satu jenis kecanduan teknologi sekarang yang dikenal dengan internet adiction disorder. Remaja dianggap lebih umum dan lebih rentan terhadap kecanduan game internet dibandingkan orang dewasa. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia remaja, yang berekolah di SMP, SMA/SMK, dan Mahasiswa. Teknik yang di gunakan adalah Kuesioner. Yaitu salah satu alat penelitian yang sering dimanfaat untuk mengumpulkan data dari para responden atau seringkali dianggap sebagai wawancara tertulis.


Keywords


Game Online, Kecanduan, Remaja

References


Adams, E. (2013). Fundamentals of game Prevalence, social networking service and game use. Health Psychology Open, 5(1), 1–15.

Febriani C L, (2019). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Agresivitas Siswa SDN Kelurahan Kampung Gedong Jakarta Timur: Universitas Negeri Jakarta.

Hurlock, E. B. (2010). Psikologi perkembang- an: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Alih Bahasa Istiwidayanti) (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.

Hussain, Z., & Griffiths, M. D. (2009). Excessive use of massively multi- player online roleplaying games: A pilot study. International Journal of Mental Health and Addiction, 7(2), 563– 571.

Jordan, C. J., & Andersen, S. L. (2016). Sensitive periods of substance abuse: Early risk for the transition to dependence. Developmental Cognitive Neuroscience, 25(10), 29–44. doi:10.1016/j.dcn.2016.10.004

Király, O., Griffiths, M. D., Urbán, R., Farkas, J., Kökönyei, G., Elekes, Z., ... Demetrovics, Z. (2014). Problematic internet use and problematic online gaming are not the same: Findings from a large nationally representative adolescent sample. Cyberpsychology, Behavior and Social Networking, 17(12), health of Finnish adolescents and young adults. Journal of Behavioral Addictions, 4(4), 281–288.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148.

Novrialdy, E., Nirwana, H., & Ahmad, R. (2019). High school students understanding of the risks of online game addiction. Journal of Educational and Learning Studies, 2(2), 113– 119.

Oktalia P, (2020). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Perilaku Agresif Siswa di SMP Negeri 4 Ungaran. https://S1_010116A061_artikel_Pamo r_Oktalia_(1)[1].pdf. Diakses 18 April 2021

Ratnawati, D., & Putra, H. R. (2020).Hubungan Perilaku Bermain Game online Dengan Carpal Tunnel Syndrome. 2(1), 1–12


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 29 times
PDF Download : 11 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hanifa Raihan, Tri Rizky, Riwayati Pakpahan, Apri Banjanahor, Glory Silalahi, Dina Luthfiyyah, Miswanto Miswanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.