Kualitas Pelayanan Publik pada Pemerintah Desa Kuala Gading

Roswanisa Roswanisa(1), Rendi Tri Afrianda(2),


(1) Universitas Islam Riau
(2) Universitas Islam Riau
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Kualitas Pelayanan Publik Pada Pemerintah Desa Kuala Gading Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Indikator yang digunakan ada Lima (5) Dimensi: Tangible, Reability, Responsiviness, Assurance, dan Emphaty. Tipe peniliti yang berlokasi di Desa Kuala Gading Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu digunakan metode penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dimana peneliti datang langsung ke kantor Desa Kuala Gading agar mendapatkan permasalahan yang ada berdasarkan fakta yang bersifat aktual pada saat meneliti dengan tipe penelitian survei deskriptif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai alat mengumpulkan data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa Kualitas Pelayanan Publik Pada Pemerintah Desa Kuala Gading Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu bahwa pegawai sudah cukup baik dalam melayani masyarakat, hal itu dilihat dari respon positif masyarakat mengenai kualitas pelayanan publik pada pemerintah desa kuala gading kecamatan batang cenaku kabupaten Indragiri hulu. Masukan dan saran peneliti dalam penelitian ini yaitu kepada jajaran staf kantor desa kuala gading untuk terus mempertahankan kinerjanya dalam melayani masyarakat.


Keywords


Kualitas Pelayanan Publik, Pelayanan Publik

References


Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta : PT Raja Wali Pers.

Joe Moelong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Maulidiah, S. (2014). Pelayanan Publik: Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN).

Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y., Siagian, V., Nugraha, N. A., Manullang, S. O., Silalahi, M., Yendrianof, D., Sari, A. P., Supriadi, M. N., Sari, M. H. N., & Bahri, S. (2020). Pelayanan Publik. In Yayasan kita menulis.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 57 times
PDF Download : 41 times

DOI: 10.57235/jalakotek.v1i2.2288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Roswanisa Roswanisa, Rendi Tri Afrianda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.