Implementasi Nilai-Nilai NKRI Dalam Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara

Zainudin Hasan(1), Riyan Wahyu Ramadhan(2), Rafly Ayyasy(3),


(1) Universitas Bandar Lampung
(2) Universitas Bandar Lampung
(3) Universitas Bandar Lampung
Corresponding Author

Abstract


Kewarganegaraan mempunyai empat nilai penting dalam segi aspek kehidupan sebagai bangsa Indonesia yakni pertama pancasila, yang kedua Bhineka Tunggal Ika, ketiga NKRI dan selanjutnya UUD 1945 dari semua itu adalah bentuk yang kita tanamkan dalam diri kita sebagai individu dalam kehidupan bermasyrakat. Nilai yang ketiga yakni NKRI, sudah lama tidak muncul dalam kehidupan kita sebagai individu di masyarakat dalam berbangsa dan bernegara NKRI muncul bukan dalam bentuk semata melainkan muncul sebagai bentuk wujud dari ciri khas bangsa Indonesia, sehingga nilai ini kita harus pertahankan dalam kehidupan sekarang sebagai individu masyarakat Indonesia. Penelitian yang dibuat ini akan menganalisa cara mengimplementasi nilai-nilai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dalam konteks kehidupan kita sebagai masyarakat yang berbangsa dan bernegara Indonesia, melalui pendekatan Kualitatif studi ini mengeksplorasi dari berbagai prilaku yang tercemin dalam kehidupan dari segi perilaku dan interaksi sosial masyarakat. Data yang dikumpulkan melalui sumber dari berbagai jurnal yang terkait dan bisa dokumen yang berkaitan yang akan kami bahas, temuan penelitian ini guna menyoroti beragam upaya dan tantangan dalam mewujudkan nilai-nilai NKRI, Toleransi, Persatuan, dan Kebhinekaan, sehimgga hasil dari penelitian ini menunjukkan cari Implementasi nilai NKRI serta komitmen individu guna mempertahankan nilai-nilai NKRI dalam kehidupan Bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara.


Keywords


Implementasi, Nilai NKRI, Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

References


Adi, P. (2016). Pembudayaan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Masyarakat sebagai Modal Dasar Pertahanan Nasional NKRI. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1, 2.

Afiyah, R. S. (2023). Fenomena LGBT Beserta Dampaknya di Indonesia. Gunung Djati Confrence Series, 23, 822-831.

Dayaksini, T., & Yuniardi, S. (2022). Psikologi Lintas Budaya. UMMPress.

Haming, M. (2022). Manajemen Produksi Modern: Operasi Manufaktur dan Jasa (Buku 2 edisi 3). Bumi Aksara.

Hapsari. S.H.,M.H., R. A., & Hakim.S.H.,M.H., L. (2022). Buku Ajar Financial Technology Law. Bandar Lampung: PenerbitAdab.

Harriguna, T. &. (2021, Juny 1). Kemajuan Teknologi Modern Untuk Kemanusiaan dan Memastikan Desain dengan Memanfaatkan Sumber Tradisional. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 65-78.

Hasan, Z., Apriano, I. D., & Simatupang, Y. S. (2023). Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Perjudian Online. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 375-380.

Karisma, R. (2019). Penerapan Sistem Pembayaran Pajak Online. Publikasi Ilmiah Universitas Sriwijaya.

Khaeruman, B. &. (2020). Buku 4 Pilar Wawasan Kebangsaan: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Kurniawan, M. I. (t.thn.). Integrasi Pendidikan Karakter ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 37-45.

Lubis, D. A. (2021). Perjalanan Panjang TNI dalam Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Ancaman Terorisme (Memandang Terorisme dari Sudut Pandang Ancaman Kedaulatan Negara). Penerbit Qiara Media.

Mihardja, A. K. (2019). Atheis. Balai Pustaka (persero PT).

Pradana, P., Sutarno, S., & Sardjijo, S. (2023). Pengaruh sikap kesetiakawanan Sosial dan Keterampilan Kerjasama Kelompok Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Melalui Motivasi pada Siswa Pengguna "WhatsApp" Grup. Jurnal Basicedu, 2953-2962.

Putri, S. W. (2023). Pengaruh Terpaan Tayangan Konten Tiktok @devvweis Terhadap Tingkat Penghetahuan Gen Z terkait Kesehatan Mental. Doctoral Dissertation (Universitas Kristen Indonesia).

Rusdianto, D., Siwi, D. R., & Hasan, Z. (2024). Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja. Innovative: Journal of Science research , 4245-4258.

Santoso, G. (2023, Juny). NKRI Sebagai Futuristik Hidup Bangsa Indonesia Dalam Kehidupan Sehari-hati. Jurnal Pendidikan Transformatif, 02.

Sari, P. D. (2021). Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. IIK STRADA INDONESIA.

Winarni, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Transportasi Gojek. Majalah Ekonomi, 27, 35-47.

Zanah, R., Silpiani, Y., & Hasan, Z. (2023). Pengedaran Narkoba Oleh Anak Dibawah Umur Di Bandar Lampung. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 136-143.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 50 times
PDF Download : 19 times

DOI: 10.57235/jalakotek.v1i2.2355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zainudin Hasan, Riyan Wahyu Ramadhan, Rafly Ayyasy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.