Analisis Aplikasi RAGEM dalam Melaksanakan Program Smart City di Kota Serang

Karenina Karenina(1), Ratna Sari Dewi(2), Ronni Juwandi(3),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menganalisis tentang sebuah aplikasi bernama RAGEM yang menjadi salah satu aplikasi pelayanan publik di Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana aplikasi RAGEM sebagai aplikasi pelayanan publik bekerja serta bagaimana aplikasi tersebut berjalan sebagai implementasi dari berjalannya kebijakan Serang Smart City. Penulis melihat bahwa dengan adanya kebijakan Serang Smart City yang melahirkan aplikasi RAGEM dapat membuka jalan antara Pemerintah Kota Serang dengan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur, dan dianalisa menggunakan kerangka teoritis. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah aplikasi RAGEM dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan proses pelayanan publik di Kota Serang melalui berbagai macam fitur aplikasinya. Namun dalam implementasinya, masih banyak masyarakat Kota Serang yang belum mengetahui tentang aplikasi RAGEM sehingga pengguna aplikasi tersebut masih terbilang sedikit. Adapun kurangnya anggaran dari pemerintah dan kurangnya SDM yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang IT menjadi tantangan utama bagi Pemerintah Kota Serang untuk mewujudkan Serang Smart City.


Keywords


Aplikasi RAGEM, Pelayanan Publik, Smart City

References


Agustini, Murni. 2017. Strategi Pemerintah Kota Cilegon Menuju Cilegon Smart City. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNTIRTA: Serang

Asfa, Muhammad Nur. 2022. Implementasi Layanan Pendidikan Pada Aplikasi Tangerang Live dalam Menunjang Pelayanan Pendidikan di Kota Tangerang. Skripsi. FKIP UNTIRTA: Serang

Atthahara, Haura. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government: Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(1), 66-77.

Cahyadi, Arif. (2016). Penerapan Good Governance dalam Pelayanan Publik. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(2), 479-494.

Hasibuan, A., & Sulaiman, O. K. (2019). Smart City, Konsep Kota Cerdas sebagai Alternatif Penyelesaian Masalah Perkotaan Kabupaten/Kota, Di Kota-Kota Besar Provinsi Sumatera Utara. Buletin Utama Teknik, 14(2), 127-135.

Ikhwan, M., Ridwan, S., (2018). Adaptasi Pengembangan Komponen Ketercapaian Smart City (Studi Kasus Pengukuran Tingkat Smart City di Kota Palu). Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 1-5.

Ira, S. A., Juwandi, R., Nida, Q. (2012). Pengaruh Penerapan Prinsip Good Governance terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Pandeglang. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1-26.

Juwandi, Ronni. 2021. Kebijakan Publik Partisipatif. Banyumas: CV. Amerta Media

Lestari, Feby Surya. 2021. Pelaksanaan Program Smart City dalam Meningkatkan Layanan (Studi Kasus Operation Room di Kota Makassar). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Hasanuddin: Makassar

Maryam, N. S. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 6(1), 1-18.

Mulyani, Deddy. 2016. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta

Nursyahidah, N., Juwandi, R., & Legiani, W. H. (2021). Implementasi Produk Smart City Kota Serang sebagai Bentuk Pelayanan Publik di Kota Serang (Studi Deskriptif pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang). Jurnal Hermeneutika, 7(1), 1-32.

Ratnasari, L., Azhuri, A. V., Aliya, E., et al. (2021). Pelayanan Publik Berbasis Elektronik Melalui Aplikasi Monggo Lapor di Sekretariat Daerah Kota Magelang. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara, 5(2), 52-62.

Rohman, A., Hanafi, Y. S., & Hardianto, W. T. (2019). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. 9(2), 153-160.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Utomo, C. E. W., & Hariadi, M. (2016). Strategi Pembangunan Smart City dan Tantangannya bagi Masyarakat Kota. Jurnal Strategi Bisnis, 4(2), 159-176.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 43 times
PDF Download : 28 times

DOI: 10.57235/jalakotek.v1i2.2480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Karenina Karenina, Ratna Sari Dewi, Ronni Juwandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.