Pengaruh Kepadatan Penduduk dan Pengangguran Terhadap Kriminalitas di Sumatera Utara Tahun 2012-2022

Elsa Novri Regina(1), Intan Febyanti(2), Masyura Nasution(3), Nasrullah Hidayat(4), Rianto Irvandinata Lumban Gaol(5), Syaila Azzahraini Siregar(6),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
(6) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Jumlah orang bertambah dari hari ke hari. Generasi demi generasi lahir untuk mensukseskan generasi sebelumnya. Namun, kelahiran tersebut seringkali tidak direncanakan dengan baik dan menyebabkan kepadatan bayi. Kepadatan penduduk yang demikian dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat jika tidak segera ditangani dan salah satunya adalah meningkatnya kasus kriminalitas. Tujuan dari karya ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kepadatan penduduk dan pengangguran yang secara teori dapat menimbulkan kejahatan. Metode kuantitatif digunakan sebagai metode penelitian. Penelitian ini menggunakan data kepadatan penduduk, pengangguran dan kriminalitas di Sumatera Utara pada tahun 2012 hingga 2022. Data digunakan sebagai data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS), dan penelitian ini diuji dengan model ECM. Pemerintah dan pihak berwenang diharapkan aktif melaksanakan keamanan dan ketertiban di daerah rawan kejahatan serta melaksanakan program pembangunan berkeadilan dan penciptaan lapangan kerja untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.


Keywords


Kepadatan Penduduk, Pengangguran, Kriminalitas

References


Azhar Zul & Edwart Oktaviani Adek. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Kepadatan Penduduk Dan Ketimpangan Pendapatan Terhadap Kriminalitas Di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan , Volume 1, Nomor 3. Hal 759 – 768

Mahendra.A. (2016). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Perkapita, Inflasi Dan Pengangguran Terhadap Jumlah Penduduk Miskin Di Provinsi Sumatera Utara. Jrak – Vol 2 No. 2. Hal. 123-148

Muhammad Rifki Aditama. 2021. Analisis Pengaruh Jumlah Pengangguran, Tingkat Inflasi, Pdrb Dan Kepadatan Penduduk Terhadap Tingkat Kriminalitas Ekonomi Di 17 Provinsi Di Indonesia Tahun 2013-2018. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rizki Zakia Cut & Fajri Erija Rahmat. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Kepadatan Penduduk Dan Pengangguran Terhadap Kriminalitas Perkotaan Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM). Vol.4 No.3, 255-263.

Sabiq Muhammad Rafli. Nurwati Nunung. Pengaruh Kepadatan Penduduk Terhadap Tindakan Kriminal. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik. Volume 3 Nomor 2, Halaman 161 – 167.

Silvia.Ikhsan. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan Dan Kepadatan Penduduk Terhadap Kriminalitas Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (JIM EKP). Vol.6 No.1 Februari 202, 23-30.

Triani Mike & Hachica Eveline. (2022) Pengaruh Pendidikan, Pengangguran dan Kepadatan Penduduk Terhadap Kriminalitas di Indonesia. : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembangunan. Volume 11, Nomor 1, Hal 63-70.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 45 times
PDF Download : 26 times

DOI: 10.57235/jalakotek.v1i2.2582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Elsa Novri Regina, Intan Febyanti, Masyura Nasution, Nasrullah Hidayat, Rianto Irvandinata Lumban Gaol, Syaila Azzahraini Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.