Pengaruh Kasus Sengketa Merek Terhadap Industri Sepeda dan Otomotif: Studi Kasus Trek Bicycle Corporation dan PT Astra Honda Motor

Naysa Andrea Thie(1), Gunardi Lie(2), Moody Rizqy Syailendra Putra(3),


(1) Universitas Tarumanagara
(2) Universitas Tarumanagara
(3) Universitas Tarumanagara
Corresponding Author

Abstract


Sengketa merek dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap industri, terutama dalam industri sepeda dan otomotif yang sangat kompetitif. Studi kasus antara Trek Bicycle Corporation dan PT Astra Honda Motor menunjukkan bagaimana kasus sengketa merek dapat mempengaruhi kedua perusahaan dan industri secara luas. Dalam kasus ini, Trek Bicycle Corporation, produsen sepeda terkemuka, menuduh PT Astra Honda Motor, produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, telah menjiplak merek dagang mereka. Sengketa ini menciptakan ketegangan antara kedua perusahaan dan dapat memengaruhi citra dan reputasi mereka di mata konsumen. Selain itu, kasus ini juga bisa memicu persaingan tidak sehat dan merugikan industri secara umum. Dampak dari kasus sengketa merek antara Trek Bicycle Corporation dan PT Astra Honda Motor terhadap industri sepeda dan otomotif dapat dirasakan dalam berbagai aspek, seperti penurunan kepercayaan konsumen, penurunan penjualan, dan kerugian finansial yang dapat memengaruhi pertumbuhan industri secara keseluruhan. Penyelesaian sengketa merek dalam industri sepeda dan otomotif sangat penting untuk memastikan berlangsungnya persaingan yang sehat dan berkelanjutan. Kontribusi dari regulator dan lembaga hukum dalam menyelesaikan kasus sengketa merek secara adil dan transparan juga sangat diperlukan untuk menjaga kestabilan dan pertumbuhan industri. Dengan demikian, studi kasus antara Trek Bicycle Corporation dan PT Astra Honda Motor memberikan gambaran yang jelas tentang pengaruh kasus sengketa merek terhadap industri sepeda dan otomotif. Pentingnya memahami hukum merek dagang dan menyelesaikan sengketa dengan bijaksana adalah kunci untuk memastikan kelangsungan bisnis dan pertumbuhan industri yang berkelanjutan.


Keywords


Merek, Dampak, Sengketa, Trek Bicycle Corporation, PT Astra Honda Motor

References


Chen, Y., dan Wei, C. (2017) "The Impact of Intellectual Property Rights Protection on Innovation and Technology Transfer in the Automotive Industry"

Focusing on the Moderating Effects of Perceived Risk in the Bicycle Industry"

J. M. Lee dan Y. J. Kim,” Trademark Disputes and Their Impact on the Bicycle Industry” Kim, S. dan Lee, K. (2018) "The Effects of Brand Equity on Customer Purchase Intention:

Lee, J. (2019) "Impact of Brand Image on Consumer Decision-Making in the Automobile Industry"

Park, H., et al. (2020) "The Influence of Brand Credibility on Consumer Purchase Intention: Moderating Effect of Brand Awareness in the Bicycle Industry"

Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pendaftaran Merek

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Merek

S. S. S. R. Rao dan R. K. Singh "The Impact of Trademark Disputes on the Automotive Industry"

Undang-Undang Hak Kekayaan Intelektual (UU No. 28 Tahun 2014):

Undang-Undang Merek (UU No. 20 Tahun 2016)


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 36 times
PDF Download : 19 times

DOI: 10.57235/jalakotek.v1i2.2585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Naysa Andrea Thie, Gunardi Lie, Moody Rizqy Syailendra Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.