Public Private Partnership (PPP) Dalam Pelayanan Kapal Ro-Ro Dumai-Tanjung Kapal Pulau Rupat Provinsi Riau

Miryam Priskila(1), Harapan Tua Ricky Freddy Simanjuntak(2),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Public Private Partnership (PPP) dalam pelayanan kapal ro-ro di pelabuhan Dumai-Tanjung Kapal, Pulau Rupat, Provinsi Riau. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori PPP dari Kim Uhlik (2007) yang terdiri dari Relationships (Hubungan), Resources (Sumberdaya), dan Organizations (Organisasi). Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara bersama, Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Riau, DPRD Provinsi Riau, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Riau, PT ASDP dan PT Jembatan Nusantara, dengan mengunakan analisis data Model Interaktif dari Miles dan Huberman (1994). Hasil penelitian ditemukan bahwa dari ketiga konteks teori PPP yang digunakan peneliti belum berjalan dengan optimal, masih ditemukan faktor kendala dalam pelaksanaan PPP tersebut, yakni adanya perbedaan tujuan dan kepentingan antar pihak, lemahnya komitmen para stakeholders dalam konteks pengoperasian kapal roro antar kabupaten dan kota yakni Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai, disisi lain ditemukan bahwa PPP meningkatkan pelayanan publik  dalam pengoperasian kapal Ro-Ro Dumai-Tanjung Kapal. Kesimpulannya, PPP dalam pelayanan kapal Ro-Ro di Dumai-Tanjung Kapal, Pulau Rupat dapat menjadi salah satu solusi bagi peningkatan pelayanan publik dibidang transportasi kapal Ro-Ro, namun perlu memperhatikan pentingnya koordinasi antar stakeholder dan memperkuat komitmen setiap pihak terlibat agar mampu meningkatkan partisipasi masyarakat demi terciptanya kemitraan publik dan swasta yang berhasil.


Keywords


Public Private Partnership, Pelayanan, Kapal Ro-Ro

References


Anggara, Sahya. (2015). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Pustaka Media.

Awaliyah, S & Rusli, Z. (2021). Implementasi Kebijakan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur. JSDMU: Jurnal Sumber Daya Manusia Unggul, 2(1), 82-88

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Purwokerto: CV Pena Persada

Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Istianto, Bambang. (2011). Privatisasi dalam Model Public Private Partnership. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Lubis, R. W. (2020). Studi Public Private Partnership Dalam Proyek Infrastruktur: Kasus Jalan Tol Tg. Morawa-Tebing Tinggi. Focus Teknik Sipil Upmi, 1(3), 109-119.

Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Utama, Dwinanta. (2010). “Prinsip dan Strategi Penerapan “Public Private Partnership” dalam Penyediaan Infrastruktur Transportasi. Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia, 12(3), 145-151.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 71 times
PDF Download : 57 times

DOI: 10.57235/jalakotek.v1i2.2589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Miryam Priskila, Harapan Tua Ricky Freddy Simanjuntak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.