Efektivitas Pengelolaan Sampah oleh DLHK di Kota Pekanbaru

Haris Kharisma Fikri(1), Zaili Rusli(2),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Pengelolaan sampah merupakan salah satu aspek penting dalam upaya menjaga lingkungan hidup yang bersih dan sehat di suatu kota. Di Kota Pekanbaru, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) bertanggung jawab atas pengelolaan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pengelolaan sampah oleh DLHK di Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan petugas DLHK dan masyarakat terkait, observasi lapangan, dan studi dokumentasi terkait kebijakan dan program pengelolaan sampah. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DLHK telah melakukan berbagai upaya dalam pengelolaan sampah baik dari segi penanganan maupun pengurangan di Kota Pekanbaru, seperti pengangkutan sampah, pengelolaan, pengolahan sampah organik menjadi kompos, serta pengelolaan sampah non organik menjadi kerajinan barang bernilai ekonois. Namun masih terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, antara lain kurangnya kesadaran masyarakat dalam memilah dan membuang sampah dengan benar, serta keterbatasan infrastruktur pengelolaan sampah. Kesimpulannya, meskipun DLHK telah melakukan berbagai upaya dalam pengelolaan sampah di Kota Pekanbaru, masih diperlukan langkah-langkah lebih lanjut untuk meningkatkan efektivitasnya. Perlu adanya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik, serta perbaikan dalam infrastruktur pengelolaan sampah yang harus tersedia untuk mencapai lingkungan yang bersih dan sehat di Kota Pekanbaru.


Keywords


Pengelolaan Sampah, Efektvitas, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK)

References


Aan, Amustyatma. I,N., & Kusworo, S. (2019). Efektivitas Kebijakan Sistem Pengelolaan Sampah Berbasis Bank Sampah Di Kecamatan Kadia Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. VISIONER: Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 11(4), 537-550.

Ali, Z., & Nasrillah, N. (2023). Pengelolaan Kegiatan Majelis Taklim Badan Kenaziran Masjid Besar Al Mawa sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Agama Masyarakat. Journal of Education Research, 4(2), 607-614.

Anggreni, P., & Dewi, N. M. (2023, July). Implementasi Manajemen Layanan Perpustakaan Umum pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tabanan. In Forum Manajemen (Vol. 21, No. 2, pp. 99-114).

Dewi, I. C. (2011). Manajemen Kearsipan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Edam, Nia Septiani dkk. (2018). Efektivitas Program Cerdas Command Center Sebagai Media Informasi Masyarakat Dalam Rangka Pelayanan Publik (Studi di Kantor Walikota Manado): Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1).

Febrianti, Rahmi, Ratna Dewi, Ainun Mardiah. (2022). Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Journal of Public Administration Studies, 1(2), 103-116.

Gibson, J. L. (2000). Organization: Perilaku, Struktur, Proses. Telkom University: Binarupa Aksara.

Kurniasari, Dewi. (2017). Analisis Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas Berbasis Komputer Pada PT Indomarco Adi Prima. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Machirof, A. (2015). Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPN-MP) di Kota Palu: Jurnal Katalogis, 3(2), 179-185.

Milik, P. P. O. B. U., & Muara, D. K. U. K. (2023). Ejournal Administrasi Publik Volume 11, Nomor 1, 2023.

Mutiarin, D. (2014). Manajemen Birokrasi dan Kebijakan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nugroho, R. D. (2003). Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, Evaluasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 08 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah.

Pratama, Jery Nov. (2018). Tata Kelola Sampah Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Pada Bank Sampah Di Kota Pekanbaru Tahun 2016). Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 5(1), 1-15.

Putri, Debi Edia (2022). Evaluasi kinerja Dina Lingkungan Hidup dan Kebersihan dalam Pengolahan Sampah di Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. (Skripsi, Universitas Islam Riau).

Raco, J. R. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Ramadayanti, Lisa Indah, Geovani Meiwanda. (2022). Efektivitas Keterlibatan Pihak Swasta Dalam Proses Pengangkutan Sampah Di Kota Pekanbaru, 5(1), 253-264

Ratulangi, A. C., Pangemanan, S. E., & Waworundeng, W. (2021). Pengelolaan Dana Alokasi Umum (DAU) Di Kelurahan Pandu Kecamatan Bunaken Kota Manado. Governance, 1(2).

Rijulvita, Silva, dkk. (2023). Strategi Pengelolaan Sampah Pelabuhan Berkelanjutan (Ecoport) di Pelabuhan. Jurnal Medika Hutama, 4(2), 3199- 3203.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Sarnoto, A. Z. (2013). Urgensi Peningkatan Mutu Pengelolaan Pesantren Dalam Era Global. Educare, 3(3), 49-60.

Siagian, S. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suartini, N. K., Suhartawan, I. G., & Triawati, K. (2022). Manajement Pengelolaan Objek Wisata Taipa Beach. Jurnal Pariwisata Parama: Panorama, Recreation, Accomodation, Merchandise, Accessbility, 3(1), 12-21.

Subkhi, A., & Jauhar, M. (2013). Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sya’bani, A. A. (2019). Efektivitas Program Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Di Desa Ayunan Papan Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin: Jurnal Al’IIDARA Balad, 2(1), 37-44.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.

Wahyuni, Denai dan Reni Anggraini. (2018). Uji Efektivitas Ekstrak Daun Srikaya (Anonna Squamosa) Terhadap Kematian Kecoa Amerika (Periplaneta Americana): Jurnal Photon, 8(2).

Yomi, A. P., & Rahmah, E. (2015). Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 4(1), 81-89.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 88 times
PDF Download : 59 times

DOI: 10.57235/jalakotek.v1i2.2628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Haris Kharisma Fikri, Zaili Rusli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.