Optimalisasi Peran Pemilih Pemula pada PEMILU 2024 dan Tantangan Kedepannya ( Studi kasus Desa Tegalsari Mandala II, Kota Medan, Sumatera Utara)

Gaby Agustina Nainggolan(1), Riska Marpaung(2), Tri Santa Lasmarito Mahulae(3), Julia Ivanna(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Pemilih pemula memiliki peran penting dalam proses Pemilu, karena mereka akan menjadi generasi masa depan yang akan mempengaruhi arah politik dan sosial bangsa. Mereka memiliki potensi besar untuk berkontribusi pada proses demokrasi dan memastikan keberlangsungan sistem demokrasi. Namun, masih banyak pemilih pemula yang tidak memahami pentingnya Pemilu dan demokrasi, serta tidak memiliki kesiapan yang maksimal dalam menentukan pilihan. Metode penelitian deskriptif kualitatif berfokus pada permasalahan atas dasar fakta yang dilakukan melalui pengamatan/observasi, wawancara, dan mempelajari dokumen-dokumen. . Metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan metode yang tidak menggunakan dasar kerja statistik, namun berdasarkan bukti-bukti kualitatif. Dalam hal lain menyatakan metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan metode yang berdasarkan pada kenyataan lapangan dan apa yang dialami oleh responden akhirnya dicarikan rujuan teorinya.Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula, diperlukan strategi yang efektif dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapan mereka. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah melalui sosialisasi pendidikan politik yang lebih intensif dan luas. Sosialisasi ini dapat membantu pemilih pemula memahami pentingnya Pemilu dan demokrasi, serta meningkatkan kesiapan mereka dalam menentukan pilihan. Selain itu, sosialisasi juga dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Pemilu dalam perjalanan demokrasi bangsa ini. Pemilu 2024 akan menjadi salah satu momen penting dalam sejarah demokrasi bangsa ini. Dalam beberapa tahun terakhir, partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu Indonesia telah menunjukkan penurunan, yang dapat berdampak pada kualitas demokrasi. Oleh karena itu, optimalisasi peran pemilih pemula dalam Pemilu 2024 menjadi sangat penting untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan mempertahankan kualitas demokrasi. 


Keywords


Optimalisasi, Pemilih Pemula, Tantangan Kedepan

References


Almuntasor,Moh. Elman Sidni,dkk. Optimalisasi Peran Pemilih Pemula pada Pemilu 2024 dan Tantangan Demokrasi Indonesia Kedepan. Vol 1 No. 1. 2022.

Hattab,Syahruddin,dkk. Optimalisasi Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024 di Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol 1 No 10. 2023.

Khoiri,Ach,dkk. Optimalisasi Pendidikan Politik Untuk Pemilih Pemula dan Penguatan Partisipasi Politik pada Pemilu 2024 di Desa Bandaran. 2023.

Muhtar,Saepudin,dkk. Peran Penting Pemilih Pemula Dalam Pemilu 2024. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol 04 No. 2. 20

Pitria,Elen,dkk. Peran Pemilih Pemula dalam Pemilu 2024. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara. Vol 3 No. 3. 2023.

Tamrin,Usman,dkk. Analisis Peranan Pemilih Pemula dan Pentingnya Teknologi Digital Untuk Pemilihan Umum 2024 di Indonesia (Studi Kasus: Pemilih Pemula SMA Negeri 20 Makassar). Journal of Digital Literacy and Volunteering. Vol 2 No. 2. 2024.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 54 times
PDF Download : 35 times

DOI: 10.57235/jalakotek.v1i2.2660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Gaby Agustina Nainggolan, Riska Marpaung, Tri Santa Lasmarito Mahulae, Julia Ivanna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.