Resiko Suku Bunga/Imbal Bagi Hasil

Herziani Fera Efiza(1), Rahmahwati Fitri(2), Ridho Rahmatullah(3), Supiya Anggraini(4), Joni Hendra(5),


(1) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(2) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(3) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(4) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(5) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menginvestigasi resiko suku bunga dan imbal hasil dalam konteks keuangan. Melalui analisis statistik dan model prediktif, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi suku bunga dan imbal hasil, serta dampaknya terhadap portofolio investasi. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi para investor dan manajer portofolio dalam mengelola risiko dan mengoptimalkan hasil investasi mereka. Bank syariah menghadapi risiko kompleks dalam mengelola pembiayaan bagi nasabahnya. Risiko tersebut meliputi risiko imbal hasil dan risiko suku bunga yang dapat mempengaruhi pendapatan dan keuntungan bank. Kontrak mudharabah dan murabahah merupakan dua kontrak utama dalam bank syariah yang terkait dengan risiko suku bunga dan imbal hasil. Meskipun risiko ini dapat dikelola dengan baik melalui manajemen risiko yang efektif, penting untuk memahami perbedaan dan implikasi dari kedua risiko ini dalam konteks bank Syariah.


Keywords


Risiko, Suku Bunga, Imbal Hasil

References


Adam, Panji, M. Yunus, and Popon Srisusilawati. “Analisis Kedudukan Jaminan Pada Akad Mudhârabah Dalam Fatwa Dsn-Mui No. 7 Tentang Pembiayaan Mudhârabah.” Prosiding SNaPP2016 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora 6, no. 1 (2016)

Akbar. “Manajemen Risiko Di Perbankan Syariah.” Milkiyah: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 1, no. 2 (2022)

Cipta, Hendra. “Rate of Return Risk Pada Perbankan Syariah Di Indonesia.” Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan 6, no. 2 (2020)

Durmus Ozdemir. “Risiko Tingkat Suku Bunga Di Pasar Keuangan Turki Pada Periode Waktu Yang Berbeda.” Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan 16, no. 3 (2014)

Intan Wulansari, Desy. “Pengaruh Bagi Hasil Dan Suku Bunga Terhadap Jumlah Deposito Mudharabah.” Journal Perbankan Syariah 2, no. 1 (2015).

Mar’atus Sholeha. “Persepsi Ulama Tentang Praktek Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah Di Perbankan Syariah.” Jurnal Unimus 7 (2011).

Nasution, Muhammad Lathief Ilhamy. Islamic Bank Financing Management. FEBI UIN-SU Press, 2018.

Rifai, Achmad Boys Awaluddin. “Analisis Risiko Imbal Hasil Pada Bank Syariah.” Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam 11, no. 2 (2020)

Rolianah, Wiwik Saidatur, Sri Mulyani, and Muhammad Ridlwan Hasyim. “Analisis Manajemen Risiko Imbal Hasil Perbankan Syariah Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis 7, no. 2 (2021)

Sholikha, Akhris Fuadatis. “Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Tingkat Bagi Hasil, Likuiditas, Inflasi, Ukuran Bank, Dan Pertumbuhan Produk Domestik Bruto Terhadap Deposito Mudharabah Bank Umum Syariah Di Indonesia.” el-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam 6, no. 1 (2018).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 40 times
PDF Download : 32 times

DOI: 10.57235/jalakotek.v1i2.2664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Herziani Fera Efiza, Rahmahwati Fitri, Ridho Rahmatullah, Supiya Anggraini, Joni Hendra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.