Pengaruh Foreign Direct Investment, Bi Rate, Jumlah Uang Beredar Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Azhar Suganda(1), Cici Kurnia Sari Lubis(2), Cindi Mutiara Sari(3), Novi Ramadhini(4), Putri Nabila Harahap(5), Tengku Indah Syahfitri(6),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
(6) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan merupakan tujuan utama kebijakan ekonomi, dimana berbagai faktor makroekonomi memainkan peranan penting. Angka dari meningkatnya atau turunya ekonomi suatu daerah dipengaruhi oleh beberapa variabel ekonomi seperti Foreign Direct Investment, BI Rate, dan Jumlah Uang Beredar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Foreign Direct Investment, BI Rate, dan Jumlah Uang Beredar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data time series dengan periode 2003 sampai dengan 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan menggunakan regresi data time series dengan jumlah observasi 20 tahun. Dalam penelitian ini sistem perangkat lunak yang digunakan dalam menganalisis data adalah eviews 12 menggunakan analisis ECM (Error Corection Model). Dari hasil Eviews menunjukkan bahwa variabel Foreign Direct Investment berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia , BI Rate berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia, dan variabel jumlah uang beredar berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.


Keywords


Foreign Direct Investment, BI Rate, Jumlah Uang Beredar dan Pertumbuhan Ekonomi

References


Mu'arif, R. F., & Soebagyo, D. (2023). Analisis Determinan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia tahun 2005-2020. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 796-804.

Panayotou, T. (1998). Instruments of Change: Motivating and Financing Sustainable Development. London: Earthscan Publication.

Prayitno, L., Sandjaya, H., & Llewelyn, R. (2002). Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Jumlah Uang Beredar di Indonesia Sebelum dan Sesudah Krisis: Sebuah Analisis Ekonometrika. Jurnal Manajemen dan Wirausaha, 47.

Rudiawan, H., & Meirinaldi. (2019). Dampak Faktor-faktor Makro Ekonomi terhadap Pertumbuhan Produk Domestik Bruto Indonesia. Jurnal Ekonomi, 1-15.

Sukirno, S. (2016). Pengantar Teori Makroekonomi. Jakarta: Rajawali Press.

Sunariyah. (2006). Pengantar Pasar Modal. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta.

Suparmoko, M. (2016). Peranan Sumber Daya Alam dan Lingkungan dalam Pembangunan. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, 1-43.

Tiwa, F. R., Rumate, V., & Avrianto, T. (2016). Pengaruh Investasi, Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Jumlah Uang Beredar terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia tahun 2005-2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 344-354.

Winarto, H., Poernomo, A., & Prabawa, A. (2021). Analisis Dampak Kebijakan Moneter terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Sains, 34-42.

Asnawi, A., & Fitria, H. (2018). Pengaruh Jumlah Uang Beredar,Tingkat Suku Bunga Dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Ekonomika Indonesia, 7(1).

Prasasti, K. B., & Slamet, E. J. (2020). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP INFLASI DAN SUKU BUNGA , SERTA TERHADAP INVESTASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI. 30(1), 39–48.

Aribowo, G. W. (2023). Analisis Pengaruh Pengangguran, Foreign Direct Investment (FDI) dan Manufaktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 30 times
PDF Download : 14 times

DOI: 10.57235/jalakotek.v1i2.2683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Azhar Suganda, Cici Kurnia Sari Lubis, Cindi Mutiara Sari, Novi Ramadhini, Putri Nabila Harahap, Tengku Indah Syahfitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.