Pengasuhan Keluarga Terhadap Aktivitas Keseharian Lanjut Usia di Rumah

Anggun Julia(1), Daeng Ayub(2), Ria Rizkia Alvi(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Aktivitas-aktivitas yang diberikan keluarga dalam pengasuhan pada lanjut usia teramat penting untuk menunjukkan kepedulian, kehangatan, perhatian, cinta, dukungan dan rasa hormat kepada orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan keluarga dalam merawat lansia dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan naratif analis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa keluarga memainkan peran yang optimal. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas religius dan aktivitas fisik keluarga yang sudah menyediakan sarana dan prasarana yang memadai bagi lansia, dengan mempertimbangkan keberadaannya atas pelayakan pengasuhan dan perawatan pada lanjut usia.

Kata Kunci: Aktivitas, Pengasuhan, Keluarga, Lanjut Usia

 

Abstract

The activities that the family provides in the care of the elderly are very important to show care, warmth, care, love, support and respect for the parents. This study aims to describe the activities carried out by families in caring for the elderly in daily life. This research was conducted using qualitative methods with narrative analysts. The findings of this study suggest that the family plays an optimal role. This can be seen from the religious activities and physical activities of families who have provided adequate facilities and infrastructure for the elderly, taking into account their existence for the entrustment of care and care for the elderly.

Keywords: Activities, Parenting, Family, Elderly


Keywords


Activities, Parenting, Family, Elderly

References


DAFTAR PUSTAKA

Al Mubarroh, N. R., Susanto, I. H., & Mustar, Y. S. (2021). Aktivitas fisik dan aspek kekhawatiran lansia pada masa pandemi Covid-19. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 10(1), 97-111.

Kosalina, N. (2018). Gambaran kesejahteraan subjektif lansia yang aktif dalam kegiatan religius. Psibernetika, 11(1).

Purnama, H., & Suhada, T. (2019). Tingkat Aktivitas Fisik Pada Lansia Di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 5(2), 102-106.

Riska, U. pengaruh antara aktivitas religi terhadap tingkat nilai depression anxiety stress scale (dass) lansia di panti tresna werdha mulia dharma kabupaten kubu raya. Jurnal ProNers, 3(1).

Senja, A., & Prasetyo, T. (2021). Perawatan Lansia Oleh Keluarga dan Care Giver. Bumi Medika (Bumi Aksara).

Windri, T. M., Kinasih, A., & Sanubari, T. P. E. (2019). Pengaruh Aktivitas Fisik dengan Kualitas Hidup Lansia Hipertensi di Panti Wredha Maria Sudarsih Ambarawa. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(11), 1444-1


Full Text: PDF (83-86)

Article Metrics

Abstract View : 1532 times
PDF (83-86) Download : 970 times

DOI: 10.57235/jetish.v1i1.57

DOI (PDF (83-86)): https://doi.org/10.57235/jetish.v1i1.57.g54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health