Analisis Kepuasan Penumpang pada Fasilitas Ruang Tunggu Bandar Udara Tebelian Sintang Kalimantan Barat

Yohanes Kristian Tomos(1), Septiyani Putri Astutik(2),


(1) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
(2) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


Pengembangan Disektor perhubungan harus ditunjang dengan pengembangan, pemeliharaan, dan penyediaaan fasilitas-fasilitas jasa perhubungan udara termasuk bandar udara. Salah satu fasilitas di Bandar Udara Tebelian Sintang adalah ruang tunggu yang merupakan tempat berkumpulnya penumpang saat sebelum keberangkatan seperti tempat duduk, televisi (TV), koran, AC (Air Conditioner), ruangan untuk perokok, toilet, layanan informasi penerbangan dan lain-lain. Desain penelitian adalah suatu strategi untuk mencapai tujuan penelitian yang telah di tetapkan dan berperan sebagai pedoman atau penuntun penelitian pada seluruh proses penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif Berdasarkan data dari hasil penelitian yang diambil dari observasi dan wawancara dari beberapa informan/narasumber yang sudah dilakukan selama melakukan penelitian kinerja dari setiap unit yang mengawasi dan bertanggu jawab atas fasilitas ada beberapa proses , yang pertama dalam melakukan kegiatan operasional terhadap fasilitas ruang tunggu, yang dimana dibandar Udara Tebelian Sintang ada beberapa unit penunjang pelayanan penumpang dibandar udara tebelian Sintang. Berdasarkan hasil penelitian yang terdahulu dapat diketahui bahwa kepuasan penumpang pada fasilitas Ruang Tunggu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Tebelian Sintang Kalimantan Barat. Upaya petugas dari setiap unitnya yang berperan dalam menjaga kebersihan, kenyamanan dan kemanaan pada fasilitas Ruang Tunggu dan fasilitas lain nya dibandar udara Tebelian Sintang secara umum telah dijalankan dengan baik dan sudah sesuai dengan Standard Operational Prosedur (SOP). Dalam mejalankan tugasnya petugas dari berbagai unit seperti unit Pelayanan dan Kerjasama, Cleaning Service, teknisi listrik, teknisi pembangunan dan landasan dan AVCES sangatlah berperan penting untuk melakukan kegiatan operasional terhadap kebersihan, kenyamana, dan keamanan Fasilitas ruang tunggu dan Fasilitas lainya. Oleh sebab itu koordinasi dan kerjasama antar unit yang bertugas dan bertanggungjawab yang ada dibandar Udara Tebelian harus baik dan cepat agar memberikan kebersihan dan kenyaman serta keamanan bagi para penumpang yang ada di Bandar udara Tebelian Sintang.


Keywords


Kepuasan Penumpang, Fasilitas Ruang Tunggu, Bandar Udara Tebelian

References


Alni, R., R. Gamayuni, dan M. Andriyani. 2012.Statistika. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.

Annex 14 dari ICAO (International Civil Aviation Organization). (2016). Tentang Bandar Udara. Montreal. Canada : ICAO

Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda. Bandung

Assegaff, 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Unissula Semarang. Semarang.

Boni, Ario & Sekali, Karo. 2014. Pengaruh Fasilitas di Ruang Tunggu Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Semarang.

Danial. 2009.Metode Penulisan Karya Ilmiah.Laboratorium Pendidikan KewarganegaraanUPI. Bandung.

Fauziah, Vegata Selvianda (2020) Pengaruh Fasilitas Di Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Dewadaru Karimunjawa Jepara Jawa Tengah., Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Ferdinand, A. 2006.Metode Penelitian Manajemen. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro. Semarang.

Hartono. 2011. Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hugiono & Poerwantana. 2000. “Pengantar Ilmu Sejarah”. PT. Bina Aksara. Horonjeff, R & McKelvey, F.X. 1988. “Perencanaan dan Perancangan Bandar Udara”. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kemenhub. 2019. Data Bandar Udara: Identitas Bandar Udara Tebelian. Jakarta: Menteri Perhubungan Udara.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2014. Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Martono, N. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. PT Raya Grafindo Persada. Jakarta.

Meyrawati, Zusnita & Rachmani, Kustining. 2015. Evaluasi Fasilitas Alih Moda Di Bandara Internasional Lombok

Miro, Fidel. 2005. “Perencanaan Transportasi : Untuk Mahasiswa, Perencana dan Praktisi”. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Na'imatul, H. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Jamaah Umroh Di Al-Marwah Trans Tour Travel Umroh Ponorogo.

Nazir, M. 1988.Metodologi Penelitian.Ghalia Indonesia. Jakarta.

Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara No. SKEP/77/V1/2005 tentang Persyaratan Teknis Pengoperasian Fasilitas Teknik Bandar Udara. (Diakses pada tanggal 8 Februari 2023)

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara : SKEP/77/VI/2005. Pengoperasian Fasilitas Bandar Udara. 2005. Menteri Perhubungan Indonesia Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 70 Tahun 2001. 2005. Kebandarudaraan. Jakarta.

Prayoga, Teguh (2020) Analisis Peningkatan Pelayanan Jasa Unit Terminal Inspection Service Pt Angkasa Pura Ii Terhadap Pengguna Jasa Saat Pandemi Covid-19 Di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Radha, Y. & Dewantari, A. 2022. Analisis Pengembangan Fasilitas Ruang Tunggu Di Bandara Komodo Labuan Bajo-Nusa Tenggara Timur. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, 2(2), 30-34.

Sugiyono, Prof. Dr. (2019) . Metode Kuantitatif,Kualitatif, R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung

Suherman, A. 2011. Penelitian pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Udara Dalam Negeri. (2015). Jakarta: Menteri Perhubungan Indonesia

Tius, S. K. 2022. Analisis Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Supadio Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Tjiptono. Fandy, & Chandra. G. 2014. Pemasaran Strategis. Yogyakarta. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 38 Tahun 2015

Tukuboya, T. A. & Prakosawati, E. E. 2022. Analisis Fasilitas Ruang Tunggu di Terminal Keberangkataan Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon Bagi Kepuasan Penumpang. Aurelia: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 1-7.

Wijaya, R. N. & Riananditasari, N. 2022. Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Internasioanal Sepinggan Balikpapan terhadap Kepuasan Penumpang di Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(3), 819-834.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 133 times
PDF Download : 146 times

DOI: 10.57235/motekar.v1i2.1061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yohanes Kristian Tomos, Septiyani Putri Astutik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.