Pengukuran Kerja Dalam Menentukan Waktu Baku Untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja pada Produksi Roti Menggunakan Metode Time Study pada Roti di Bandung

Tiaradia Ihsan(1), Ihwal Ramadhan(2), Marselo Delpiero Namotemo(3), Luthfi Ibrahim(4),


(1) Universitas Widyatama
(2) Universitas Widyatama
(3) Universitas Widyatama
(4) Universitas Widyatama
Corresponding Author

Abstract


Saat ini UMKM Rotiku mengalami peningkatan yang sangat signifikan karena Roti Menjadi banyak peminat di Bandung sehingga banyaknya permintaan dari konsumen. Permasalahan yang di temukan pada UKM kurangya pengalaman pekerja sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja.Time Study yaitu suatu aktivitas untuk menentukan waktu yang di butuhkan oleh seorang karyawan dalam melaksanakan sebuah kegiatan kerja dalam kondisi dan tempo yang normal untuk meningkatkan produktivitas. Stopwatch time study merupakan pengukuran waktu secara langsung karena pengamat waktu berada di tempat dimana objek pengukuran sedang di amatiDari Hasil Analisis maka didapatkan hasil waktu siklus pembuatan Dari hasil tabel diatas maka didapatkan hasil waktu normal pembuatan roti sebesar 479,86 detik atau 7,99 menit, output standara sebesar 545,30 detik atau 9,08 menit dan 0.25 unit per menit


Keywords


Waktu Standar, Pengukuran Waktu, Stopwatch Time Study

References


Afiani, Rahmi., & Pujoto, Darminto. 2017. "Penentuan Waktu Baku Dengan Metode Stopwatch Time Study Studi Kasus CV. Mans Group." Journal Industrial Engineering Online.

Andriani, Debrina Puspita. (2017). "Penentuan Waktu Dan Output Baku Pada Proses Produksi Tube Lamp Dengan Method Time Measurement." Jurnal Sinergi, Vol. 21(3), 204-212.

Lutfia, Cut Firda., & Hidayat. 2018. "Pengukuran Waktu Stasiun Kerja Perakitan Produk Meter Air Dengan Metode Jam Henti Pada PT. Multi Instrumentasi." Jurusan Teknik Industri: Universitas Al Azhar Indonesia.

Muslim, Aziz. 2018. "Analisis Pengukuran Kerja Produksi Plywood Dengan Menggunakan Metode Time Study Pada PT. Berkat Karunia Surya Di Kota Banjar." Skripsi, Universitas Galuh Ciamis.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 293 times
PDF Download : 139 times

DOI: 10.57235/motekar.v1i2.1204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tiaradia Ihsan, Ihwal Ramadhan, Marselo Delpiero Namotemo, Luthfi Ibrahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.