Inovasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Melalui SIGNAL di Kota Pekanbaru

M Ridho Thauhid(1), Mayarni Mayarni(2),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Aplikasi Signal merupakan inovasi pelayanan pajak daerah yang dikeluarkan oleh BAPENDA Provinsi Riau untuk meningkatkan pelayanan pajak daerah yang memudahkan wajib pajak dalam mendapatkan pelayanan pajak daerah yang di inginkan. Namun masih terdapat kendala dalam pelaksanaan inovasi pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui Signal di Kota Pekanbaru seperti sulitnya dalam memverifikasi data dan kurangnya sosialisasi dan masih banyaknya wajib pajak yang belum mengetahui aplikasi Signal ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah inovasi pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui Signal di Kota Pekanbaru sudah berjalan dengan baik atau belum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang dilakukan pada teknik analisis data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Rogers dalam Melinda dengan lima indikator, yakni Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Triability, Observability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pelayanan Pajak Kendaran Bermotor (PKB) melalui Signal di Kota Pekanbaru belum berjalan dengan baik. Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan program ialah masih sulitnya dalam melakukan verifikasi data dan kurangnya sosialisasi aplikasi Signal di Kota Pekanbaru.


Keywords


Inovasi, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

References


Agus Dwiyanto, Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik, cet. III, (Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2008).

Agustia, I. (2017). Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Secara Elektronik (E-Billing) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Tampan. Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(2), 3–4.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Dan, K., Di, I., Larasati, D. C., Patel, Ramadhana, M. R., & Fanida, E. H. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government : Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas. Publika, 9(1), 1–5.

Febrian, R. A. (2018). Jurnal kajian pemerintahan volume iv nomor 1 maret 2018. Jurnal Kajian Pemerintah, IV

Harbani, P. (2013). Kepemimpinan Birokrasi. CV Alfabeta.

Hayat. (2017). manaajemen pelayanan publik (1st ed.). pt. rajagrafindo persada.

Kartini, Nur. M., M. A. dan M. A. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Papa Sehat di SDN 81 Kalukubodo Kabupaten Takalar. Jurnal Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik, 1(3), 921–934.

Melinda, M., Syamsurizaldi, S., & Kabullah, M. I. (2020). Innovation of Online Population Administrative Services (PADUKO) by The Department of Population and Civil Registration of Padang Panjang City. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 202–216.

Mirnasari, R. M. (2013). Kebijakan dan Manajemen Publik Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 71–84.

Moleoong, lLxy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nasikhah, M. A. (2019). Inovasi Pelayanan Transportasi Publik Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1), 26.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 71 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 82 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik

PP No. 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerahdengan Menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik/ETPD

Pramandani, H. N., & Niswah, F. (2019). Inovasi Pelayanan Program Samsat Bluder (Blusukan dan Muter-Muter) Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap …. Publika.

Raco, J. . (2010). Metode Penelitian Kualitatif (Grasindo (ed.)).

Sedarmayanti. (2010). Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan Yang Baik) (2nd ed.). Refika Aditama.

Shepherd, P. K. A. and C. D. (2010). Innovation Management. pearson edducation.

Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Undang-undang ITE dan PP Nomor 71 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Winaarsih, R. & A. S. (2013). Manajemen Pelayanan (P. Belajar (ed.)).

Yanuar, I. (2012). Metode Penelitian Sosial Kualitatif. PT. Refika Aditama

Yogi Suwarno.2008.”Inovasi di Sektor Publik”. STIA-LAN. Jakarta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 199 times
PDF Download : 243 times

DOI: 10.57235/motekar.v1i2.1207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M Ridho Thauhid, Mayarni Mayarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.