Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Korban Diskriminasi di Indonesia

Salma Aisha(1), Malika Baby Natasha(2),


(1) Universitas Tarumanagara
(2) Universitas Tarumanagara
Corresponding Author

Abstract


Diskriminasi adalah fenomena sosial yang melibatkan perlakuan tidak adil atau pengucilan kepada seseorang atau kelompok berdasarkan dengan karakteristik tertentu seperti ras, jenis kelamin, agama, orientasi seksual, atau disabilitas. Maraknya diskriminasi di Indonesia yang menimpa individu atau kelompok, membuat pemerintah turut turun tangan dalam membuat kebijakan-kebijakan yang diharapkan dapat melindungi korban, membuat pelaku jera, dan menjadi peringatan bagi masyarakat untuk tidak melakukan diskriminasi. Analisis ini menjelaskan mengenai pengertian diskriminasi, penyebab atau faktor-faktor diskriminasi, dampak diskriminasi, tata cara pelaporan adanya diskriminasi, usaha yang diberikan pemerintah dalam upaya menangani diskriminasi dan juga sanksi yang diberikan untuk pelaku diskriminasi. Dalam analisis ini menggunakan jenis penelitian normatif dengan menggunakan pendekatan kasus yaitu mengenai perlindungan bagi korban diskriminasi.


Keywords


Perlindungan, Korban, Diskriminasi

References


Aris, Siti Marliah. “Pengertian Diskriminasi: Penyebab dan Jenis-jenisnya”. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-diskriminasi/.

Chairah, Elfansuri et al. Standar Norma Dan Pengaturan Nomor 1 Tentang Penghapusan Diskriminasi Ras Dan Etnia. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (KOMNAS HAM RI. 2020.

Fathurrohman, Tajuddin. Studi Komparasi Ketentuan Sanksi Pidana Pelaku Diskriminasi Ras Dan Etnis Menurut Hukum Positif Dan Hukum Islam. 2023. https://eprints.iain-surakarta.ac.id/9062/1/SKRIPSI%20JADI%202.7.pdf.

Fulthoni et al. Memahami Diskriminasi Buku Saku Untuk Kebebasan Beragama, (The Indonesian Legal Resource Center). 8 Oktober 2009.

Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2010 Tentang Tata Cara Pengawasan Terhadap Usaha Penghapusan Diskriminasi Ras Dan Etnis.

Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Penghapusan Diskriminasi Ras Dan Etnis.

Paulinda, Ruth Novie. “Perlindungan Hukum Bagi Korban Diskriminasi Ras Dan Etnis Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008”. Justitia: Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora. Vol.9 No.4 Tahun 2022.

Tessadinanti, Angelica. Ceisyafira Anindita Azzahra. “Dampak Psikologis Individu Yang Mengalami Diskriminasi Agama Di Indonesia”. Vol.1 No.1 (2022) Moderasi: Jurnal Kajian Islam Kontemporer.

Vanessa, Yumna. V. Selvie Sinaga. “Diskriminasi Rasial Yang MelatarBelakangi Gerakan Black Lives Matter Di Amerika Serikat Ditinjau Dari Hukum Internasional”. Vol. 2 No.1 (2022): Jurnal Gloria Justita.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 62 times
PDF Download : 32 times

DOI: 10.57235/motekar.v2i1.2334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Salma Aisha, Malika Baby Natasha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.