Pengaruh Permainan Berburu Harta Karun Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V pada Materi IPS di SD Negeri Puspasari

Isyfi Asyfiyati(1), Yopa Taufik Saleh(2), Mohammad Fahmi Nugraha(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(2) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(3) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Corresponding Author

Abstract


Kemampuan membaca dapat dikembangkan sejak dini, kemampuan ini bisa dikembangkan melalui menulis dan membaca. Rendahnya minat baca pada siswa kelas V di SDN Puspasari dan kurangnya variatif dalam proses pembelajaran terutama dalam pelajaran IPS membuat siswa menjadi jenuh ketika belajar, untuk membuat siswa mempunyai minat baca yang tinggi harus dilakukan dengan pembelajaran yang menyenangkan salah satunya dengan permainan berburu harta karun, sehingga peneliti mengambil judul penelitian pengaruh permainan berburu harta karun terhadap minat baca siswa kelas V pada materi IPS di SDN Puspasari dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh permainan berburu harta karun terhadap minat baca siswa kelas V pada materi IPS di SDN Puspasari. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan desain Nonequivalent control group desain. Observasi, wawancara, tes dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh, cara pengambilan sampelnya secara random, yang menghasilkan 18 siswa kelas eksperimen dan 12 siswa kelas kontrol. Objek penelitian ini adalah minat baca siswa kelas V pada materi IPS. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) minat baca pada kelas eksperimen lebi tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 65.38 dan nilai rata-rata kelas kontrol 60.50; (2) terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang bermain permainan harta karun dan siswa dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa t hitung sebesar 0.568 dengan probabilitas signifikansi (two tailed) 0,000, karena signifikansi (two tailed) < ½ a (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Bearti terdapat pengaruh permainan berburu harta karun terhadap minat baca siswa kelas V pada materi IPS di SDN Puspasari.


Keywords


Minat Baca, IPS, Permainan Berburu Harta Karun

References


Basuki. (2015) Media Pembelajaran, Bandung: UPI PRESS

Bell, D., & Kahrhoff, J. (2006). Active Learning Handbook. Institute for Excellence.

Hendrayanti, A. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.

Kim, dong Won & Yao, Jing Tao. (2010). A Treasure Hunt Model For Inquiry Based Learning Support System. Journal of Universal computer Science 16.

Saidihardjo. (1996). Konsep dasar Ilmu pengetahuan Sosial. (Buku 1). Yogyakarta: FIP IKIP.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALPABETA, cv.

Tarigan, Nova Triana. (2019). Pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Curere.

Tarigan, Nova Triana. (2019). Pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Curere


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 20 times
PDF Download : 24 times

DOI: 10.57235/sakola.v1i2.3486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Isyfi Asyfiyati, Yopa Taufik Saleh, Mohammad Fahmi Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.